detikNews
Senin 17 Juni 2019, 19:05 WIB

12 Truk Berisi Bukti Diragukan TKN Jokowi, BPN Prabowo Bela BW Dkk

Elza Astari Retaduari - detikNews
12 Truk Berisi Bukti Diragukan TKN Jokowi, BPN Prabowo Bela BW Dkk Foto: Saleh Daulay. (Tsarina/detikcom).
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin meragukan tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga yang mengklaim akan membawa 12 truk bukti kecurangan Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Tim hukum Prabowo yang dikomandoi Bambang WIdjojanto itu mendapat pembelaan.

"Masyarakat tentu sangat cerdas untuk menilai apa yang terjadi. Termasuk soal barang bukti. Silahkan saja ditanggapi seperti apa. Yang jelas, kuasa hukum BPN akan bekerja keras membuktikan gugatannya di pengadilan," ungkap juru debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Saleh Daulay kepada wartawan, Senin (17/6/2019).

Saleh menyebut saat itu BW dkk serius menangani sengketa gugatan hasil Pilpres yang diajukan Prabowo-Sandiaga. Soal bukti-bukti, ia memastikan tim hukum akan membawanya saat persidangan.


"Konsentrasi kuasa hukum BPN saat ini adalah mengawal jalannya persidangan. Karena itu, alat bukti apa pun yang dimiliki tentulah akan dipaparkan di pengadilan. Jika ada yang meragukan keberadaan alat bukti itu, boleh saja. Itu tidak masalah sama sekali. Sebab, alat bukti itu akan dibuka di depan persidangan," tegas Saleh.

"Yang penting, kalau diperlukan, buktinya ada. Mereka yang berada di luar pengadilan, anggap saja komentator yang tidak mendatangkan pengaruh apa-apa terhadap jalannya peradilan," tambah politikus PAN itu.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Raja Juli Antoni meragukan klaim tim Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang menyatakan akan membawa 12 truk bukti ke MK. Timses pasangan 01 itu menyoroti kubu 02 yang disebutnya kerap berbohong.

"Tim hukum 02 mengklaim memiliki bukti sebanyak 12 truk. Melihat cara kampanye Prabowo-Sandi dan tim sejak awal yang suka berbohong, saya tidak percaya bahwa mereka benar-benar punya bukti autentik yang memiliki substansi hukum untuk dibawa ke persidangan," ungkap Antoni.


Soal 12 truk bukti Prabowo-Sandi sempat disinggung dalam sidang perdana di MK pada Jumat (14/6) lalu. Majelis hakim mempertanyakan belum adanya beberapa bukti fisik yang disampaikan Prabowo-Sandi dalam gugatannya.

Tim hukum Prabowo-Sandi mengaku sudah ada satu truk bukti yang masuk ke MK dan 11 sedang menuju ke MK. Mereka menyatakan sempat akan memasukkan seluruh bukti itu namun ditarik lantaran pihak MK istirahat.

"Makanya jangan katakan di sini (MK) yang capek. Saya sudah kontrol memang jam 7 closed, istirahat. Tapi setelah itu diperiksa lagi. Bahwa ada ditarik lagi, itu soal lain. Jangan seolah-olah jangan Mahkamah keliru di sini," kata Hakim konstitusi, I Dewa Gede Palguna kepada tim Prabowo-Sandi.

Sore ini, tim hukum Prabowo-Sandiaga sudah kembali membawa bukti-bukti ke MK. Total sudah ada 5 truk yang dikirim tim Prabowo. Sisanya disebut akan dibawa ke MK esok hari secara bertahap.



Tonton video Hanya Diberi 3 Hari Untuk Siapkan Jawaban, KPU: Tidak Adil:

[Gambas:Video 20detik]


12 Truk Berisi Bukti Diragukan TKN Jokowi, BPN Prabowo Bela BW Dkk

(elz/fjp)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed