detikNews
Senin 17 Juni 2019, 16:54 WIB

Polri Uji Balistik Peluru yang Bersarang di Tubuh Korban Rusuh 22 Mei

Audrey Santoso - detikNews
Polri Uji Balistik Peluru yang Bersarang di Tubuh Korban Rusuh 22 Mei Gedung Mabes Polri (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Tim investigasi Polri sedang melakukan uji balistik terhadap peluru-peluru yang ditemukan tim forensik RS Polri di tubuh para korban penembakan, yang berada di lokasi kerusuhan 22 Mei 2019. Polisi mengatakan ada 3 peluru yang sedang diuji yaitu dua peluru dari korban tewas dan satu peluru dari korban selamat.

"Dua proyektil (yang ada di tubuh korban tewas Harun Al Rasyd dan Abdul Aziz) sudah kita sita dan saat ini sedang diuji balistik," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra, di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (17/6/2019).


"Satu korban tertembak di pahanya dan bisa diselamatkan sedang dirawat. Korban atas nama Zulkifli. Itu termasuk dari korban yang dapat kami ambil proyektilnya. Sedang kami lakukan upaya uji balistik," sambung Asep.

Ditanyai jenis peluru tajam yang bersarang di tubuh korban, Asep mengatakan uji balistik masih dilakukan.


Terkait penggalian informasi dari korban selamat, Asep menyampaikan tim investigasi akan meminta keterangan Zulkifli saat kondisinya sudah sehat.

"Yang bersangkutan masih dirawat. Kalau sudah dalam kondisi baik, akan kami mintai keterangan," tutur Asep.

Asep sebelumnya membeberkan hasil penyelidikan tim investigasi Polri yang diketuai Irwasum Polri Komjen Moechgiyarto. Dari 9 korban tewas, 4 di antaranya dipastikan tertembak peluru tajam berdasarkan hasil autopsi RS Polri.


Asep mengatakan dua protektil ditemukan pada jasad korban atas nama Harun Al Rasyd dan Abdul Aziz. Dia mengatakan di tubuh korban hanya ditemukan satu tembakan.

"Tidak ada yang tembakan ganda, semuanya satu tembakan," tuturnya.



Tonton juga video Soal Kivlan Zen, Wiranto: Saya Maafkan, Tapi Hukum Tetap Berjalan:

[Gambas:Video 20detik]


(aud/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed