detikNews
Senin 17 Juni 2019, 14:38 WIB

Angkatan Udara AS dan Indonesia Gelar Latihan Bersama di Manado

Michelle De Jonker - detikNews
Angkatan Udara AS dan Indonesia Gelar Latihan Bersama di Manado Foto: TNI AU dan AU Amerika Serikat gelar latihan bersama (Michelle-detikcom)
Manado - Angkatan Udara Ameriksa Serikat akan menggelar latihan bersana TNI AU di Manado, Sulut. Latihan yang diberi sandi 'Cope West' 2019 ini juga sebagai peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-AS.

latihan antar 2 negara ini akan berlangsung sejak tanggal 17-28 Juni. Latihan melibatkan 6 pesawat U.S Air Force F-16 CM/DM dari Amerika, dan tujuh F-16 dari Indonesia.

Tiga tahun berturut-turut latihan gabungan 'Cope West' antar dua negara dilakukan di Bandara internasional Samratulangi, menjadi ajang silahturahmi bilateral dua negara dengan strategi pelatihan penerbangan. Direktur Pelatihan Cope West, Kol Pnb M Satriyo Utomo mengatakan ada perbedaan strategi latihan bersama tentara marinir US tahun lalu, dengan angkatan udara US tahun ini.



"kali ini latihan dengan militer udara US kita lebih masiv lagi, pesawat tempur akan berlatih sekali turun sampai delapan pesawat, lebih fokus ke angkatan udara, ada 100 personel dari Amerika dan jumlah kita juga sama 100 personel," Kata Kolonel Satriyo, di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Senin, (17/6/2019).

Dubes AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan jr, mengaku senang sekali, bisa kembali datang ke Manado. Dia juga bersyurkur laithan gabungan AS-Indonesia bisa dilaksanakan di saat hubungan diplomatik kedua negara memasuki usia 70 tahun.

"Untuk pertama kalinya unit pasukan khusus angkatan udara US dan Unit pasungan khusus angkatan udara Indonesia berlatih pada tahun ini," kata Joseph.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed