detikNews
Senin 17 Juni 2019, 13:50 WIB

Jembatan Putus, Akses Sumsel-Lampung Lewat Tol Fungsional Kayuagung

Raja Adil Siregar - detikNews
Jembatan Putus, Akses Sumsel-Lampung Lewat Tol Fungsional Kayuagung Foto: Jembatan penghubung Sumsel-Lampung putus (Ist)
Jakarta - Jembatan penghubung di perbatasan Sumsel-Lampung jebol dan menyebabkan lintas timur lumpuh total. Polisi mengalihkan kendaraan melewati Tol Kayuagung yang masih fungsional dan jalan lintas tengah.

"Kendaraan pribadi hari ini kami alihkan lewat tol Kayuagung. Sementara untuk kendaraan besar harus lewat dari lintas tengah di Prabumulih dan Baturaja," ujar Kapolres Ogan Komering Ilir, AKBP Donni Eka ketika dikonfirmasi detikcom, Senin (17/6/2019).

Dikatakan Donni, kendaraan dialihkan lewat jalan tol selama proses evakuasi kendaraan dan perbaikan jembatan. Di mana saat ini tol Pematang Panggang-Kayuagung sedang proses pengerjaan.



"Perkiraan 2-3 hari ini akan kita alihkan dulu lewat tol. Nanti kalau jembatan bisa dilalui, kita alihkan lagi. Jadi tidak bisa lama lewat tol karena di sana masih ada pengerjaan dan Agustus ini diresmikan," katanya.

Untuk kendaraan yang terjebak menuju ke arah jembatan Pematang Panggang, Donni memastikan seluruhnya sudah dialihkan. Hal ini karena jembatan telah jebol dari kedua arah dan sama sekali tidak dapat dilalui kendaraan.



Sementara itu, kendaraan yang berputar balik dari perbatasan Sumsel-Lampung harus menempuh jarak 3 jam menuju pintu Tol Kayuagung. Apalagi akses kedua arah cukup padat akibat banyak kendaraan yang sempat terjebak macet.

"Dari titik jembatan putus sampai pintu tol sekitar 3 jam. Kami himbau seluruh pengendara untuk lewat lintas tengah," katanya.

Untuk diketahui, jembatan penghubung Sumsel-Lampung di lintas timur putus total pada dini hari tadi. Akibatnya dua truk bermuatan cangkang kelapa dan semen terjebak di atas jembatan yang sudah rusak beberapa hari terakhir.


(ras/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed