detikNews
Senin 17 Juni 2019, 12:43 WIB

BPK Beri Opini WTP untuk Laporan Keuangan Kemenhan: Ini Bersejarah

Lisye Sri Rahayu - detikNews
BPK Beri Opini WTP untuk Laporan Keuangan Kemenhan: Ini Bersejarah Konferensi pers di Kemenhan usai penyerahan LHP atas LKKL untuk Kemenhan dan TNI (Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk tahun 2018. Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menerima langsung penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) dari BPK tersebut.

"Hari ini hari yang cukup bersejarah. Opini Kementerian Pertahanan dan TNI setelah beberapa tahun kemudian berhasil meraih opini WTP," ucap anggota I BPK Agung Firman Sampurna dalam sambutannya di Gedung Kemenhan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2019).

Penyerahan LHP atas Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga (LKKL) dan Badan Lainnya itu diterima langsung Ryamizard sebagai menteri. Selain itu laporan serupa juga diserahkan Agung kepada Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI.




Opini WTP itu disebut Agung sebagai bukti keterbukaan keuangan dari Kemenhan maupun TNI. Agung juga mengatakan ada komitmen kuat dari 2 kementerian/lembaga itu dalam pengelolaan keuangan negara.

"Dan ini merupakan bukti bahwasanya dengan upaya yang sungguh-sungguh dan kerja keras dan adanya keterbukaan serta komitmen kuat dari pejabat utama satu entitas itu dapat meraih opini yang terbaik," kata Agung.

"Ini adalah satu pencapaian yang monumental setalah kurang lebih 20 reformasi akhirnya ada perubahan yang signifikan dalam tata kelola keuangan TNI yang saat ini mulai sama dengan tata kelola keuangan di seluruh entitas yang lain," imbuh Agung.
(lir/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed