detikNews
Senin 17 Juni 2019, 11:30 WIB

Ratusan Pendaftar PPDB di SMAN 4 Bekasi Antre Sejak Pagi

Isal Mawardi - detikNews
Ratusan Pendaftar PPDB di SMAN 4 Bekasi Antre Sejak Pagi Foto: Isal Mawardi/detikcom
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Bekasi - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK dibuka hari ini. Salah satu SMA favorit di Bekasi, SMAN 4 Bekasi sudah dipadati ratusan orang tua siswa yang hendak mendaftarkan anaknya ke sekolah tersebut sejak pagi tadi.

"Iya (ramai orang tua siswa). Yang (daftar) antre dari pagi sampai sekarang di atas 500-an," ujar Kepala Informasi PPDB SMAN 4 Bekasi Lili Akhmad, kepada detikcom, Senin (17/6/2019).

Lili menjelaskan pendaftaran di SMA 4 Bekasi sudah ditutup untuk hari ini (17/6). Dikarenakan, pihak sekolah membatasi kuota pendaftaran pada hari ini hingga 250 orang.

"Untuk hari ini kita batasi 250 khawatir 'kan satu orang aja, (pendaftaran melalui) sistem agak lama. Tapi kalau di atas 250 ada yang masih mau nunggu dan waktunya masih ada kita tetap bisa melayani," ujar Lili.

Lili menjelaskan pendaftaran dapat melalui 3 jalur yakni melalui sistem zonai, perpindahan dan prestasi. "Kalau pendaftaran itu ada 3 ya, ada zonasi, ada prestasi, ada perpindahan orang tua. Zonasi 90 persen. Zonasi dibagi 3 lagi ada zona jarak 55 persen , zona Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM) 20 perseb, ada zona kombinasi 15 persen," katanya.

"10 Persen lagi dibagi dua, zona prestasi 5 persen, perpindahan orang tua 5 persen. (Zona) prestasi di bagi 2 lagi, 2,5 persen prestasi UN, 2,5 persen prestasi non-akademik, olahraga, seni, tahfiz quran," sambung Lili.

Pendaftaran dibuka hingga Sabtu (22/6). Namun, Diprediksi orang tua siswa antusias mendaftar lebih cepat. Lili tak memungkiri SMAN 4 Bekasi menjadi salah satu sekolah favorit di Bekasi.

Para pendaftar sudah mengantre sejak pagi.Para pendaftar sudah mengantre sejak pagi. Foto: Isal Mawardi/detikcom




"Sebenarnya sih dulu katanya begitu (salah satu sekolah favorit)," ujar Lili.

Meski kuota pendaftaran hari ini telah tutup, sejumlah orang tua siswa tampak mengantre di depan ruang pendaftaran. Bahkan, beberapa orang tua siswa mendapatkan antrian pendaftaran pada keesokan harinya.

"Sementara di sini sudah tutup, saya dapat nomor tapi untuk Hari Rabu," ujar salah seorang orang tua siswa.

"(Anak saya daftarkan melalui) zona kombinasi. Saya kurang tahu juga soalnya juga dilihat dari hasil UN," ujarnya.

Pantauan detikcom, SMAN 4 Bekasi tampak dipadati orang tua siswa. Tak jarang beberapa orang tua turut membawa anaknya.

Mereka tampak duduk-duduk di selasar sekolah dan musolah. Petugas PPDB tampak memanggil nama siswa satu per satu melalui pengeras suara.

Disdik Jabar menetapkan kuota 90 persen untuk sistem zonasi, 5 persen jalur prestasi (akademik dan non akademik) serta 5 persen jalur perpindahan orang tua. Tahun ini sebanyak 281.950 lulusan SMP bisa diterima di SMA dan SMK di Jabar.

Berikut tanggal-tanggal penting terkait PPDB yang perlu dicatat oleh para orang tua siswa:

17-22 Juni 2019 : Pendaftaran
24-26 Juni 2019 : Verifikasi dan uji kompetensi
29 Juni 2019 : Masa pengumuman
1-2 Juli 2019 : Daftar Ulang
15 Juli 2019 : Awal Tahun Pelajaran 2019/2020
16-18 Juli 2019 : Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).


(mea/mea)
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed