detikNews
Minggu 16 Juni 2019, 16:25 WIB

Curi 34 Kuda Warga di Sulsel, Rahman Ditembak Polisi

Ibnu Munsir - detikNews
Curi 34 Kuda Warga di Sulsel, Rahman Ditembak Polisi Foto: Pelaku pencurian kuda Rahman bin Punu (Ibnu/detikcom)
Jakarta - Personel Polda Sulawesi Selatan membekuk Rahman bin Punu (25) setelah terlibat pencurian hewan ternak di Kabupaten Jeneponto. Pelaku mencuri 34 kuda sejak 2018.

"Melakukan penangkapan terhadap pelaku tindak pidana curnak di Naila Garden Jalan Merdeka Kota Palopo. Hasil interogasi di dapatkan informasi bahwa pada saat melakukan aksinya pelaku bersama dengan empat temannya dan mengakui bahwa pada saat kuda sudah dicuri dan dijemput oleh temannya menggunakan mobil APV," kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani, Minggu (16/6/2019).


Penangkapan dilakukan tim Resmob Polda Sulsel, Polres Jeneponto, dan Polres Palopo. Pelaku diamankan polisi setelah dilakukan penyelidikan dan mendapatkan informasi keberadaannya di Kota Palopo.

"Pelaku berada di Kota Palopo sehingga tim melakukan koordinasi terhadap Resmob Polda untuk melakukan penyelidikan terhadap keberadaan pelaku. Pada pukul 20.30 WITA, tim berhasil mengetahui keberadaan pelaku dan serta langsung bergerak ke tempat tersebut dan mengepung rumah tempat pelaku. Akhirnya pelaku berhasil diamankan di mana sebelumnya sempat bersembunyi di atas rumah kandang ayam," jelas Dicky.


Saat diamankan, pelaku sempat melawan petugas dan meminta borgolnya dilepas. Polisi pun bertindak tegas dengan menembak pelaku.

"Pelaku meminta agar borgolnya di lepas alasan tangan membengkak akibat terlalu lama diborgol. Pelaku memanfaatkan situasi dengan cara memberontak dan berusaha melarikan diri, sehingga dilakukan pengejaran dan tembakan peringatan namun tidak diindahkan kemudian diberikan tembakan terarah terkena kaki kanan, betis kanan dan paha kanan," paparnya.

Curi 34 Kuda Warga di Sulsel, Rahman Diamankan PolisiFoto: Pelaku pencurian kuda Rahman bin Punu (Ibnu/detikcom)

Dari hasil interogasi polisi, pelaku telah menjual kuda curianmya kepada seorang warga yang kini masuk dalam DPO. Sementara 4 rekan pelaku yakni, La'Lang, Bali, Juma, dan Sampara masih dalam pengejaran polisi.

Pelaku kini dibawa ke Polres Jeneponto untuk mempertangungjawabkan perbuatannya. Pelaku akan mendekam di sel tahanan.
(tsa/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed