detikNews
2019/06/16 12:02:21 WIB

Jalanan di Tapanuli Bagian Selatan hingga Riau Rusak Parah

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jalanan di Tapanuli Bagian Selatan hingga Riau Rusak Parah Foto: Jalanan rusak (dok ist)
Pekanbaru - Jalan nasional dari Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Tapanuli Bagian Selatan, Sumut hingga ke Kabupaten Kampar Riau mengalami rusak parah. Kondisi jalan sangat membahayakan terutama saat turun hujan.

Kondisi jalan nasional ini menghubungkan Kabupaten Paluta, Kabupaten Padang Lawas di Sumut menghubungkan ke Kabupaten Rokan Hulu dan Kampar di Riau.

detikcom yang melintasi arus balik dari Paluta, Minggu (16/6/2019), diketahui banyak sejumlah titik jalan nasional yang mengalami rusak parah. Dari Kabupaten Paluta, jalan nasional terlihat banyak aspal yang terkelupas yang menyisahkan bongkahan batu besar.

Jalanan di Tapanuli Bagian Selatan hingga Riau Alami Rusak ParahFoto: Jalanan rusak (dok ist)


Kondisi ini terus menyambung hingga ke Kabupaten Padang Lawas masih di Sumut. Di kabupaten ini kondisi jalan lebih parah dari Paluta. Di Padang Lawas kondisi aspal banyak yang terkelupas dan jalan aspal berubah menjadi jalan bertanah.

Terkelupasnya aspal menyisahkan lubang yang menganga. Banyak bongkahan batu membuat kondisi kendaraan harus berjalan lambat. Tak jarang pulak, kendaraan kecil khusunya roda empat kadang tersangkut batu.

Kendaraan di jalan nasional di Kabupaten Padang Lawas yang mulus paling banter sepanjang 10 Km. Setelah itu, akan menemukan titik jalan yang rusak. Di jalan tersebut tak heran satu titik bisa ratusan meter kondisi jalan berlubang.

Kondisi badan jalan nasional ini juga lebih kecil. Ditambah badan jalan yang diaspal dengan dasar badan jalan sangat curam. Sehingga kendaraan jika berselisih tidak berani turun dari badan jalan. Sebab, jika ban kendaraan turun dari badan jalan, dikhawatirkan ban akan pecah karena terkoyak oleh badan jalan.



Kondisi jalan yang rusak parah di Kabupaten Paluta dan Padang Lawas ini sudah berjalan bertahun-tahun lamanya. Tidak adanya perbaikan, sehingga menambah titik jalan rusak yang membuat lambatnya perjalanan arus balik yang dilakukan detikcom. Apalagi jika melintas saat turun hujan, dipastikan jalan rusak tersebut menjadi kubangan air yang tidak terlihat di mana letak batu yang siap menjerat kendaraan yang melintas.

Dari Kabupaten Paluta memasuki wilayah perbatasan dengan Kabupaten Rohul di Riau. Jalan nasional di wilayah Riau sedikit lebih lebar dibanding di Sumut.

Wilayah perbatasan kondisi jalan yang banyak tikungan memang sangat mulus. Hanya saja, begitu memasuki kawasan Kota Pasir Pangaraian ibu kota Rohul, mulai banyak ditemukan sejumlah titik jalan yang rusak dan berlobang.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed