detikNews
Minggu 16 Juni 2019, 11:07 WIB

Sejumlah Orang Kampanye Anti-Sampah Plastik di CFD

Jefrie Nandy - detikNews
Sejumlah Orang Kampanye Anti-Sampah Plastik di CFD Foto: Mahasiswa kampanye sampah plastik (Jefri-detikcom)
Jakarta - Pagi ini masyarakat Jakarta meramaikan Kegiatan Car Free Day (CFD) di Kawasan Bundaran HI untuk berolahraga. Tidak hanya itu, sejumlah mahasiswa juga mengajak para pengunjung CFD untuk meminimalisir penggunaan botol dan kantong plastik.

Seperti yang dilakukan Denaldy dan teman-temannya yang mahasiswa dari salah satu kampus di Jakarta. Mereka mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan botol dan kantong plastik agar meminimalisir munculnya sampah plastik di masyarakat.

"Tujuan kita disini mengkampanyekan untuk mengurangi sampah plastik. Diselingin, kita mengajak orang-orang mengurangi sampah plastik.. sangat mencemari lingkungan dan sulit terurai. Faktanyanya kalau botol, itu dia bisa terurai dengan sendirinya selama 450 tahun. Kita disini pun juga mengedukasi masyarakat dalam hal seperti mengurangi sampah plastik, bahayanya, dampaknya. Mungkin kita lebih kearah dampaknya," Kata Denaldy saat ditemui di lokasi, Minggu (16/4/2019).



Ini adalah pertama kalinya Denaldy dan teman-temannya melakukan kegiatan tersebut di CFD kawasan Bundaran HI. Dia juga membagikan tumbler dan tas.

"Ini kegiatan perdana kita disini, di Bundaran HI. Biasanya kita udah ngelakuin dari kampus sendiri. Kita bagiin goodie bag mereka yang bawa tumbler. Kita juga bakal ngasih air minum gratis kalau mereka bawa tumbler," sambungnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 300 volunteer. Rencananya kegiatan ini akan dilakukan rutin selama seminggu sekali. Denaldy mengatakan masyarakat antusias dengan kegiatan yang dia dan teman-temannya lakukan. Dia mengaku senang melakukan upaya untuk mengurangi sampah plastik.



"Cukup keren sih. Tadi yang isi ulang termasuk banyak banget, sampai tak bisa dihitung. Kita bawa goodie bag sekitar 200. Ada beberapa orang yang gak kebagian. Karena sudah kehabisan. Positif banget, Antusias. Tanpa kita datengin mereka dateng ke kita. Kita sempet survei, banyak masyarakat yang banyak menggunakan botol plastik dan kantong plastik. Setidaknya mengurangilah. Kita senang ketika semua bawa tumbler, karena itu sebuah pergerakan untuk mengurangi sampah plastik" sambungnya.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed