detikNews
Minggu 16 Juni 2019, 08:10 WIB

'Spiderman' hingga 'Bumble Bee' Beraksi di CFD Bundaran HI

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Spiderman hingga Bumble Bee Beraksi di CFD Bundaran HI Foto: 'Spiderman' hingga 'Bumble Bee' beraksi di Bundaran HI (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - 'Spiderman' hingga 'Bumble Bee' beraksi di Bundaran HI. Mereka menyapa masyarakat DKI yang berkegiatan selama car free day (CFD) pagi ini.

Karakter-karakter film layar lebar itu tentu bukan sungguhan. Ada warga yang memakai kostum Spiderman, Bumble Bee hingga Micky Mouse untuk menghibur para penikmat CFD di sekitaran Bundaran HI, Minggu (16/6/2019).


Pantauan detikcom di lokasi, warga mulai berkegiatan sejak pukul 06.45 WIB. Di lokasi tampak beberapa lapak pedagang kaki lima (PKL) yang dipadati masyarakat.

Mereka yang berkostum Mickey Mouse, Spiderman, hingga Bumble Bee mengaku berasal dari komunitas Jakarta Naila Cosplay (JNC), salah satu komunitas cosplay di Jakarta. Tujuan mereka mencari uang dari pengunjung yang mau memberikan seikhlasnya.

'Spiderman' hingga 'Bumble Bee' Beraksi di CFD Bundaran HIFoto: 'Spiderman' hingga 'Bumble Bee' beraksi di Bundaran HI (Jefrie Nandy Satria/detikcom)

"Saya dari komunitas JNC (Jakarta Naila Cosplay), Jakarta Utara, Tanjung Priok. Ada Spiderman, Bumble Bee, Micket Mouse, Daedpol, danIronman. Kita biasa buat pameran, buat acara, buat nyari uang. Ya kayak gitu anak-anak kecil banyak yang suka, ngasih nya mah seilkhlasnya," kata Randy (18) selaku anggota Jakarta Naila Cosplay (JNC) saat ditemui di Kawasan Bundaran HI. Randy merupakan pria berkostum Spiderman.


Tak hanya para cosplayer, kegiatan CFD pagi ini diramaikan oleh beberapa komunitas lain seperti Komunitas Ontel Batavia (Koba). Koba menggelar halalbihalal sekaligus silaturahmi atau yang biasa mereka sebut 'Lebaran Ontel' bersama anggota. Kegiatan ini dilakukan setiap tahun sekali pasca-Idul Fitri.

"Kami dari Komunitas Ontel Batavia. Setiap bulan Syawal, habis Lebaran, kita adakan halalbihalal. Acaranya istilahnya Lebaran Ontel dari Komunitas Ontel Batavia karena kan memang Lebaran. Jakarta ada 20 komunitas ditambah sekitarnya, Tanggerang, ada yang dari Bekasi. Ngumpul di sini bareng-bareng," kata Zainal Abidin selaku Ketua Umum Komunitas Ontel Batavia di lokasi.

Selama kegiatan berlangsung, tampak beberapa masyarakat berolahraga seperti melakukan jogging dan sejenisnya. Terlihat pula barisan Brimob berolahraga di kawasan Bundaran HI. Beberapa hewan peliharaan pun juga dibawa oleh masyarakat dalam momen CFD pagi ini.
(gbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed