detikNews
Jumat 14 Juni 2019, 18:48 WIB

Sholat Taubat Nasuha, Tata Cara, Waktu, Niat dan Doanya

Niken Widya Yunita - detikNews
Sholat Taubat Nasuha, Tata Cara, Waktu, Niat dan Doanya Sholat Taubat Nasuha, Tata Cara, Waktu, Niat, dan Doanya (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Tobat yang paling baik yakni taubat nasuha. Bagaimana cara sholat taubat nasuha?

Sholat taubat nasuha adalah tobat yang semurni-murninya. Hal ini untuk memohon ampunan dari Allah atas segala dosa dan kesalahan-kesalahan yang diperbuat.

Dalam surat At-Tahrim ayat 8, "Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai."

Lalu bagaimana tata cara sholat taubat nasuha yang benar, lengkap dengan niat, bacaan, doa, dan waktunya?

Ulama menyarankan sholat taubat nasuha pada malam hari. Sholat taubat nasuha sebaiknya dikerjakan secara sendirian. Tata cara sholat taubat nasuha sama seperti sholat sunnah lainnya. Sholat taubat nasuha dilakukan dua rakaat dengan sekali salam.



I. Berikut tata cara sholat taubat nasuha:

1. Niat Sholat Taubat Nasuha

Bacaan niat sholat taubah nasuha yakni usholli sunnatat taubati rokaataini lillahi ta'aala.

Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.

2. Takbirotul Ihram

3. Membaca doa Istiftah/iftitah

4. Membaca surat Al Fatihah

5. Membaca surat dari Alquran

6. Rukuk

7. I'tidal (Membaca doa i'tidal)

8. Sujud (Membaca tasbih sujud tiga kali)

9. Duduk di antara dua sujud (Membaca doa 'Robbighfirlii warhamnii...')

10. Sujud kedua (Membaca tasbih sujud tiga kali)

11. Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan di atas sampai 10.

12. Tasyahud akhir (Membaca bacaan tasyahud akhir)

13. Salam

14. Berdoa mohon ampunan

II. Bacaan Sholat Taubat Nasuha

Pada dasarnya tidak ada ketentuan yang mewajibkan kita membaca bacaan sholat taubat nasuha khusus setelah membaca Al Fatihah.



III. Doa Sholat Taubat Nasuha

Setelah mengerjakan sholat taubat nasuha, dianjurkan memperbanyak baca istighfar yang ditujukan untuk memohon ampunan Allah SWT.

Bacaan istighfar setelah sholat taubat nasuha adalah astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuumu wa atuubu ilaihi.

Artinya: Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya.

Bacaan tersebut diucapkan 100 kali dengan setulus-tulusnya. Setelah itu baru membaca doa sholat taubat nasuha seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW berikut ini:

Allahumma anta robbi laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana abduka wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastatho'tu. A 'udzu bika min syarri maa shona'tu abuu-u laka bini'matika 'alayya wa abuu-u bidzanbii, faghfirlii fainnahuu alaa yaghfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya: Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.

Nah, setelah taubat nasuha apa yang harus dilakukan? Disarankan untuk bersedekah. Selain itu tidak melakukan dosa sebelumnya dan selalu berbuat baik.
(nwy/fay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed