detikNews
Jumat 14 Juni 2019, 15:52 WIB

Meski Imbau Pendukung Tak Hadir di MK, Sandi Setuju dengan Aspirasi Massa Demo

Matius Alfons - detikNews
Meski Imbau Pendukung Tak Hadir di MK, Sandi Setuju dengan Aspirasi Massa Demo Cawapres Sandiaga Uno. (Foto: Grandyos Zafna/detikcom).
Jakarta - Pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dari FPI dan alumni UI berunjuk rasa dan menyampaikan pesan soal independensi Mahkamah Konstitusi (MK) pada sidang perdana gugatan sengketa Pilpres 2019. Sandiaga Uno sepakat dengan aspirasi para pendemo itu.

"Saya sangat sepakat, ini doa kita semua MK melakukan proses ini dengan penuh independensi, tanpa ada intervensi dan memutuskan sesuai dengan prinsip keadilan, saya sangat sepakat," kata Sandiaga di depan kediamannya, Jalan Pulobangkeng, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (14/6/2019).

Prabowo-Sandiaga sudah meminta agar pendukungnya tidak menggelar aksi di sekitaran MK. Meski begitu, Sandiaga memaklumi para pendemo yang hari ini berunjuk rasa.


"Menurut saya juga walau sudah diimbau tapi temen-temen dari UI menyuarakan hal yang sama dengan kita," ucapnya.

Sebagaimana diketahui sejumlah massa pendukung Prabowo-Sandiaga mengelar aksi mengawal sidang sengketa Pilpres 2019 di dekat MK hari ini. Mantan Penasihat KPK Abdullah Hehamahua tampil memimpin. Dia mengatakan aksi ini merupakan bentuk dukungan kepada MK yang sedang mengelar sidang.

Meski Imbau Pendukung Tak Hadir di MK, Sandi Setuju dengan Aspirasi Massa DemoFoto: Massa emak-emak bermasker ikut demo saat sidang MK. (Farih Maulana/detikcom)

"Aksi ini memberikan dukungan moril, suport ke MK supaya mereka tidak usah takut, mereka independen mengambil keputusan demi keadilan, demi kemanusiaan, demi kedaulatan NKRI sesuai fakta hukum," kata Abdullah saat mengikuti aksi kawal sidang MK.


Ketua Umum Front Pembela Islam (Ketum FPI) Sobri Lubis juga ikut turun berunjuk rasa di sekitaran MK. Ia mengaku aksinya adalah untuk melawan kecurangan dan meminta MK untuk berbuat adil. Dia mengaku membawa serta anggota FPI ke lapangan meski capres nomor urut 02 Prabowo Subianto sudah mengimbau agar massa tidak turun ke jalan.

"Prabowo sudah bagus. Dia menyampaikan imbauan untuk tidak berbondong-bondong ke sini. Kita ingatkan kita datang ke sini bukan urusan dukung mendukung, ini bukan urusan politik. Kita akan menunjukkan bahwa kita mendukung kebenaran, kita dukung MK," sebutnya.


Tonton video Tim Hukum Prabowo Singgung Suara Prabowo 0 di 5.268 TPS:

[Gambas:Video 20detik]


(elz/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed