detikNews
Jumat 14 Juni 2019, 09:58 WIB

Tutup Posko Lebaran, Menhub Singgung One Way Solusi Macet di Tol

Eva Safitri - detikNews
Tutup Posko Lebaran, Menhub Singgung One Way Solusi Macet di Tol Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi resmi menutup posko angkutan lebaran 2019 (Foto: Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi resmi menutup posko angkutan lebaran 2019. Dia menyoroti sistem pengaturan angkutan massal lebaran dan rekayasa lalu lintas yang lebih baik daripada tahun sebelumnya.

"Posko kali ini secara umum dapat dilakukan dengan baik dengan koordinasi dengan stakeholders yang terjadi. Oleh karenanya saya sampaikan terima kasih apa yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu," ujar Budi saat menutup posko lebaran di Gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2019).

Budi menyinggung tentang penerapan sistem satu arah atau one way di jalur tol Trans Jawa. Menurut Budi, penerapan sistem itu efektif mengurai kemacetan, tetapi untuk ke depan harus dievaluasi lagi.

"Kita tentu mencatat beberapa hal positif dari apa yang kita lakukan dan juga mencatat apa yang menjadi kekurangan, bagaimana kita menetapkan one way sebagai suatu solusi hasil koordinasi kita dengan semua stakeholders sehingga kita bisa memutuskan keputusan yang terbaik untuk saat ini, tentu di masa mendatang kita harus mempelajari lebih baik lagi," ucapnya.




"Kepolisian Negara Indonesia tercatat penurunan 71 persen kejadian dari 1942 jadi 563. Nah oleh karenanya hal ini memang terjadi karena koordinasi kita baik, pemisahan motor dan roda empat, penggunaan motor yang turun, penggunaan mudik gratis yang masif," lanjut Budi.

Namun Budi menyoroti lamanya waktu cuti bersama sebelum maupun setelah hari H lebaran yang tidak seimbang. Dia menyebut cuti bersama setelah hari H lebaran lebih sedikit dibandingkan sebelum sehingga seharusnya ke depan perlu diatur lagi.

"Oleh karenanya ke depan memang masih banyak tugas yang harus dikoordinasikan dengan baik dan kita harus mengatur waktu cuti yang sangat panjang antara mudik dan balik," kata Budi.


Tonton video Lebaran Ketupat Usai, ASDP Ketapang Dipadati Pemudik:

[Gambas:Video 20detik]


(eva/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed