detikNews
2019/06/13 20:31:22 WIB

Round-Up

Sinyal Regenerasi di Balik Kongres PDIP yang Diakselerasi

Tim Detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Sinyal Regenerasi di Balik Kongres PDIP yang Diakselerasi Prananda Prabowo (kiri) (Foto: Haris/detikcom)
Jakarta - Sinyal regenerasi pimpinan PDI Perjuangan menguat menyusul isu akselerasi kongres partai digelar. Apakah percepatan Kongres PDIP yang sedianya digelar 2020 demi untuk mencari pucuk pimpinan yang baru?

Adalah Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno yang mengungkap adanya rencana percepatan Kongres PDIP. Ia menyebut Kongres akan digelar di Bali pada awal Agustus mendatang.

"Betul, rencananya demikian. Diperkirakan pada 8-10 Agustus 2019 di Bali," kata Hendrawan, Kamis (13/6/2019).


PDIP terakhir kali melaksanakan kongres pada 2015. Saat itu, dalam Kongres IV, PDIP secara aklamasi kembali mengukuhkan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum 2015-2020. Jabatan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketum PDIP seharusnya baru berakhir pada 2020.

Hendrawan menyebut Kongres dipercepat dalam upaya harmonisasi jadwal kegiatan PDIP. Namun ia tak merinci lebih lanjut soal alasan Kongres PDIP dimajukan.

"Harmonisasi jadwal kegiatan internal dan eksternal partai. Pak Sekjen akan menjelaskan hal-hal yang melatarbelakangi harmonisasi tersebut," sebut Hendrawan.

Sementara itu, menurut Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan DPP PDIP Eva Kusuma Sundari, Kongres PDIP dipercepat karena ada banyak agenda yang akan dibahas. Salah satunya menyusul penyusunan kabinet Jokowi terbaru.

Sinyal Regenerasi di Balik Kongres PDIP yang DiakselerasiPrananda Prabowo (Foto: Dikhy Sasra/detikcom)

"Menurutku kayaknya memang agenda-agendanya gede-gede ya di kita. Mungkin karena persiapan penataan anggota DPR yang baru terpilih, lalu pemilihan kabinet, lalu penyusunan dan seterusnya. Jadi banyak hal-hal yang besar-besar yang perlu dipercepat. Kita pemenang sih ya, kalau bukan pemenang itu mungkin tidak terlalu kedesak untuk melakukan membahas banyak agenda," ucap Eva.

Soal apakah Kongres akan memilih ketum yang baru, Eva mengaku tidak mengetahuinya.

"Biasanya kan memang kongres itu untuk memilih ketum. Itu memang kongres di mana pun partai kan tujuannya itu. Perkara siapa yang akan dipilih nggak mudeng," tuturnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed