detikNews
2019/06/13 20:00:33 WIB

Round-Up

Geger Januar Bawa Lari Mobil Damkar

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jakarta - Aksi Januar Darman (36) pagi hari tadi membuat geger publik. Bagaimana tidak, hanya dengan mengenakan kaos oblong dan celana pendek, Januar 'membawa lari' mobil pemadam kebakaran (damkar) Suku Dinas (Sudin) Jakarta Utara.

Kapolres Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto mengulas aksi Januar. Berawal saat dua petugas damkar di Pos Danau Sunter yakni Sholahudin dan Cahyana selesai mengisi air ke tangki mobil yang dicuri pukul 05.30 WIB.

"Selesai mengisi air ke dalam tangki mobil, saksi Sholahudin memarkir mobil damkar tersebut di Pos Danau Sunter. Kemudian saksi Sholahudin langsung mematikan mesin mobil, lalu turun dari mobil untuk menuju ke kamar mandi. Sedangkan saksi Cahyana masuk ke dalam pos," kata Budhi kepada wartawan, Kamis (16/6/2019).




Budhi menyebut Sholahudin memang tidak mencabut kunci mobil yang bernomor pelat B 9408 PHA. Sebab, Sholahudin berencana membersihkan mobil damkar tersebut.

"Setelah saksi Sholahudin keluar dari dalam kamar mandi, saksi Sholahudin melihat mobil Damkar tersebut sudah hilang atau tidak ada di tempat parkirnya," terang Budhi.

Mengetahui mobil 'raib' Sholahudin langsung melapor ke atasannya, Herry Prasetyo, dan aparat kepolisian setempat. Kebetulan, Kapolsubsektor Podomoro, Aiptu Subagiyo melihat kalau mobil tersebut mengarah ke Sawah Besar, Jakarta Pusat.

"Kapolsubsektor Podomoro, Aiptu Subagiyo yang sedang mengatur lalu lintas melihat mobil tersebut melintas ke wilayah Jakarta Pusat. Setelah itu, Aiptu Subagiyo dan saksi Herry Prasetyo langsung mengejar kendaraan tersebut," jelas Budhi.


Mobil damkar yang dicuri Januar.Mobil damkar yang dicuri Januar. (Foto: Agung Pambudhy)


Setelah terlibat kejar-kejaran dengan polisi, Januar menyerah. Pria yang tinggal di kawasan Cideng itu kemudian dibawa ke Polsek Tanjung Priok.

Di Polsek Tanjung Priok, Januar diperiksa. Selama proses interogasi, polisi mencium bau minuman alkohol dari mulut Januar.

"Sementara sih informasi yang kita dapat dari omongannya dia (pelaku), dia bau minuman (alkohol) mulutnya," ucap Budhi.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed