detikNews
Kamis 13 Juni 2019, 18:04 WIB

BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Bali hingga Sepekan ke Depan

Aditya Mardiastuti - detikNews
BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Bali hingga Sepekan ke Depan Foto: Selat Bali
Denpasar - Balai Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bali menginformasikan potensi gelombang tinggi selama sepekan ke depan. Gelombang tinggi ini dipengaruhi oleh kecepatan angin.

"Gelombang tinggi disebabkan karena terjadinya peningkatan kecepatan angin. Terjadinya peningkatan kecepatan angin ini sendiri disebabkan karena adanya perbedaan tekanan yang signifikan antara wilayah utara dan selatan ekuator," kata Kabid Data dan Informasi Balai BMKG Bali Imam Faturahman ketika dimintai konfirmasi, Kamis (13/6/2019).

"Kondisi ini diperkirakan masih akan terjadi hingga seminggu ke depan," sambungnya.

Imam mengimbau masyarakat agar selalu waspada. Khususnya yang menggunakan transportasi laut maupun masyarakat yang tinggal di pesisir.

"Tetap perlu diwaspadai. Kepada masyarakat Bali terutama yang tinggal di daerah pesisir dan juga yang melakukan aktifitas kelautan agar selalu waspada dan berhati-hati mengingat cuaca dan gelombang tinggi saat ini beresiko tinggi terhadap aktifitas pelayaran," pesannya.


Terpisah, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai Eka Suyasmin mengatakan gelombang tinggi hari ini tidak sampai mengganggu lalu lintas penyeberangan. Hanya saja, kemarin gelombang tinggi sempat membuat pelayaran tersendat.

"Kemarin terjadi antrean masuk ke pelabuhan karena kesulitan kapal sandar akibat ombak pantai, tapi menjelang siang berangsur-angsur pulih kapal mulai bisa sandar secara bergantian. Hari ini penyeberangan berjalan normal walau angin agak kencang tadi pagi," ujar Eka.
(ams/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed