detikNews
Kamis 13 Juni 2019, 13:27 WIB

Percepat Kongres ke Agustus, PDIP Pilih Ketum Baru?

Elza Astari Retaduari, Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Percepat Kongres ke Agustus, PDIP Pilih Ketum Baru? Foto: PDIP (ANTARAFoto)
Jakarta - PDIP mempercepat jadwal kongres partai ke Agustus 2019. Apakah kongres PDIP akan menunjuk ketum baru?

PDIP terakhir kali melaksanakan kongres pada 2015. Saat itu, dalam Kongres IV, PDIP secara aklamasi kembali mengukuhkan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum 2015-2020. Jabatan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketum PDIP seharusnya baru berakhir pada 2020. Lalu, apakah Kongres PDIP bakal menunjuk ketum baru?

"Harmonisasi jadwal kegiatan internal dan eksternal partai. Pak Sekjen akan menjelaskan hal-hal yang melatarbelakangi harmonisasi tersebut," kata Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno menjawab alasan jadwal Kongres PDIP dipercepat, Kamis (13/6/2019).


Hendrawan tak menjawab tegas ketika ditanya apakah Kongres PDIP akan memunculkan regenerasi pengurus partai. "Kejelasan kongres dicek kepada Sekjen," sebut Hendrawan merujuk pada nama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan DPP PDIP Eva Kusuma Sundari menjawab diplomatis saat ditanya apakah ada pemilihan ketum dalam kongres PDIP yang dipercepat pada pertengahan 2019 ini. Menurutnya, kongres tiap partai beragendakan pemilihan ketum baru.

"Biasanya kan memang kongres itu untuk memilih ketum. Itu memang kongres di mana pun partai kan tujuannya itu. Perkara siapa yang akan dipilih nggak mudeng," sebut Eva.



Simak Juga 'Megawati Senang Puan Jadi Kandidat Ketua DPR, Tapi...':

[Gambas:Video 20detik]


Percepat Kongres ke Agustus, PDIP Pilih Ketum Baru?

(gbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed