DetikNews
Kamis 13 Juni 2019, 12:01 WIB

Jalan Ditutup Saat Sidang, MK: Jangan Artikan Menghalangi Publik

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Jalan Ditutup Saat Sidang, MK: Jangan Artikan Menghalangi Publik Mahkamah Konstitusi (Rengga Sancaya/detikcom)
FOKUS BERITA: Prabowo Gugat ke MK
Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) akan memulai sidang sengketa Pilpres 2019 besok. Jalan yang berada di depan gedung MK ada kemungkinan akan ditutup.

"Jadi besok sekitarnya mungkin karena alasan persidangan, mungkin jalan di depan MK ini akan ada rekayasa lalu lintas, penutupan," kata juru bicara MK, Fajar Laksono, di gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2019).


Fajar mengatakan penutupan jalan itu bukan untuk menghalangi akses publik. Dia mengatakan rekayasa lalu lintas itu diperlukan untuk kelancaran sidang karena waktu yang dimiliki MK tidak panjang.

"Itu semata-mata demi kelancaran persidangan MK, jangan diartikan sebagai pembatas atau menghalangi publik untuk menjangkau MK, jangan sampai seperti itu. Sebab, MK kan cuma punya 14 hari menyelesaikan perkara ini," ujarnya.


Dia menyebut saat ini persiapan sarana sudah dilakukan di ruangan sidang. Selain itu, aparat TNI-Polri sudah disiapkan menjaga keamanan di gedung MK.

"Pengamanan juga sudah siap, kemarin Pak Kapolda sudah datang ke sini, pak Pangdam sudah datang memastikan, meninjau titik-titik pengamanan di MK. Bahkan Pak Kapolda sudah memastikan 12 ribu personel akan mengamankan persidangan di MK," sebut Fajar.



Tonton video Ketua MK Rela Nginap Demi Tuntaskan Berkas Sengketa Pemilu:

[Gambas:Video 20detik]


(abw/gbr)
FOKUS BERITA: Prabowo Gugat ke MK
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed