DetikNews
Kamis 13 Juni 2019, 11:38 WIB

Gugat Hasil Pilpres, Prabowo Sodorkan Bukti Iklan Bendungan di Bioskop

Andi Saputra - detikNews
Gugat Hasil Pilpres, Prabowo Sodorkan Bukti Iklan Bendungan di Bioskop Peresmian bendungan oleh Jokowi (jordan/detikcom)
Jakarta - Tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno membawa sejumlah bukti link berita ke Mahkamah Konstitusi (MK). Salah satunya soal iklan pembangunan Jokowi yang diputar di bioskop.

Link berita tersebut berjudul:

1. Ragam Tanggapan Iklan Jokowi di Bioskop, Pemaksaan kepada Penonton?
s. Iklan Bendungan Jokowi di Bioskop, Kampanye atau Bukan?

"Dengan pemikiran yang objektif dan jernih tentu kita bisa memahami bahwa hal ini merupakan kampanye terselubung yang dilakukan Presiden petahana Joko Widodo, lagi-lagi dengan menyalahgunakan struktur birokrasi dan anggaran kementerian, guna strategi pemenangan capres paslon 01 jokowi," demikian dalil gugatan Tim Hukum Prabowo-Sandiaga yang dikutip detikcom, Kamis (13/6/2019).


Selain itu, tim hukum Prabowo juga menyodorkan bukti video Youtube tentang acara peresmian MRT. Dalam potongan video itu, Jokowi dalam persemian itu dinilai melakukan kampanye terselubung:

Tahun ini saya sudah perintahkan Gubernur juga untuk memulai rute timur-barat east-westnya juga dimulai tahun ini, setuju tidak? Yang setuju, tunjuk jari. Yang setuju tunjuk jari.

"Hal demikian lagi-lagi membuktikan bahwa anggaran, program negara, dan forum acara kepresidenan telah disalahgunakan untuk kampanye terselubung sekaligus strategi pemenangan pilpres 2019 bagi Paslon 01," ujarnya.


Soal iklan di bioskop, Presiden Joko Widodo angkat bicara. Iklan itu menayangkan keberhasilan pemerintah dalam membangun 65 bendungan di Indonesia.

"Itu memang tugasnya Kemenkominfo. Itu amanat undang-undang bahwa baik pembangunan yang sudah selesai, masih dalam proses atau belum selesai, harus terus diinfokan kepada masyarakat agar masyarakat mengikuti (informasi)," ujar Jokowi saat ditemui di Bogor, Jawa Barat, Jumat 14 September 2018.



Tonton video Ketua MK Rela Nginap Demi Tuntaskan Berkas Sengketa Pemilu:

[Gambas:Video 20detik]

Gugat Hasil Pilpres, Prabowo Sodorkan Bukti Iklan Bendungan di Bioskop

(asp/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed