DetikNews
Kamis 13 Juni 2019, 10:30 WIB

Tutup Operasi Kalimaya, Kapolda: Kecelakaan Mudik di Banten Turun

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Tutup Operasi Kalimaya, Kapolda: Kecelakaan Mudik di Banten Turun Foto: Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir (Bahtiar-detikcom)
Serang - Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir mengatakan angka kecelakaan selama mudik dan balik Lebaran 2019 menurun dalam operasi Kalimaya. Pelayanan pemudik tahun ini juga diklaim mengalamai perbaikan.

"Angka kecelakaan lalu lintas turun 28,5 persen dan 35 kejadian pada 2018 menjadi 25 kejadian pada 2019," kata Tomsi kepada wartawan di Mapolda Banten, Jl. Syekh Nawawi Al Bantani, Serang, Kamis (13/6/2019).

Angka kecelakaan yang menurun diikuti oleh menurunnya jumlah korban jiwa di angka 12 orang. Tahun lalu, angka korban jiwa sebanyak 15 orang. Selain itu, angka kriminalitas juga menurutnya turun sampai 39 persen. Layanan penyeberangan ke arah Bakauheni dari Merak juga lebih terkendali di banding tahun sebelumnya.



"Sampai dengan ditutupnya operasi , antrean dan kenyamanan itu jauh lebih baik," ujarnya.

Di samping itu, penggunaan dermaga 7 juga dinilai mengurangi kemacetan selama di Merak. Ini mengurangi antrian sampai 700 meter khusus di kawasan pelabuhan.



Ditambah, pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) di Bojonegara, Cilegon yang digunakan khusus mengangkut truk barang dan kebutuhan pokok juga mengurangi penumpukan kendaraan besar ke arah pelabuhan penumpang. Tahun lalu, pelabuhan swasta ini tidak digunakan untuk membantu mengurai kemacetan di Merak.

"Kita fungsikan dan bisa mengangkut perhari 1.000 kendaraan dengan 4 kapal yang bolak-balik," pungkasnya.



Tonton video Dibanding Tahun Lalu, Angka Kecelakaan Turun 64%:

[Gambas:Video 20detik]


(bri/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed