detikNews
2019/06/13 08:39:31 WIB

Round-Up

Sengketa Pemilu 5 Negara yang Dirujuk Prabowo dalam Gugatan di MK

Tim detikcom - detikNews
Halaman 3 dari 3
Sengketa Pemilu 5 Negara yang Dirujuk Prabowo dalam Gugatan di MK Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Foto: Agung Pambudhy-detikcom)

4. Maladewa

Selanjutnya, ada konstitusi Maladewa yang menjadi rujukan tim hukum Prabowo-Sandiaga. Adapun yang dirujuk ialah pasal 113 Konstitusi Maladewa, yang berbunyi:

The Supreme Court sitting together in session, shall have sole and final jurisdiction to determine all disputes concering the qualification or disqualification, election status, of a presidential candidate or running mate or removal of the President by the People's Majlis.

Mereka mencontohkan kasus Pilpres Maladewa pada 7 September 2013. Dalam pilpres itu diikuti 4 kandidat tapi tidak ada yang mendapatkan suara mayoritas sehingga digelar lagi putaran kedua.

"Pada September 2013, MA Maladewa menganulir pelaksanaan dan hasil Pemilu Maladewa putaran pertama tersebut. Kemudian MA Maladewa memerintahkan untuk pelaksanaan pemilihan ulang pada Oktober 2013," sebut gugatan tersebut mengutip link berita dari Aljazeera.com.


5. Ukraina

Konstitusi Ukraina juga dirujuk oleh Prabowo-Sandiaga, tepatnya kasus Pilpres 2004. MA Ukraina ketika itu memutuskan KPU Ukraina tidak meyakini hasil pemilihan presiden yang diumumkan oleh KPU Ukraina putaran kedua merupakan hasil yang lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Dari berbagai contoh pelaksanaan pemilu di beberapa negara yang disebutkan di atas, dapat dilihat bahwa peran institusi peradilan, baik Mahkamah Agung maupun Mahkamah Konstitusi di suatu negara, berperan penting dalam proses pemilihan presiden," demikian bunyi dalil gugatan itu.
(haf/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed