DetikNews
Rabu 12 Juni 2019, 18:20 WIB

Wakil KSAD Pimpin Upacara Pemakaman Militer Eks KSAD George Toisutta

Ibnu Munsir - detikNews
Wakil KSAD Pimpin Upacara Pemakaman Militer Eks KSAD George Toisutta Upacara Pemakaman Militer Eks KSAD George Toisutta. (Ibnu Munsir/detikcom)
Makassar - Jenazah Jenderal TNI (Purn) George Toisutta dimakamkan di Pemakaman Dadi Makassar, Sulawesi Selatan. Pemakaman almarhum dilakukan secara militer.

Pantauan detikcom di Pemakaman Dadi, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar, jenazah eks KSAD itu tiba pada pukul 17.18 WIB, diantar ratusan anggota keluarga dan prajurit TNI. Almarhum dimakamkan secara militer yang dipimpin Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Letjen TNI Tatang Sulaiman.

Tatang mengatakan almarhum merupakan Jenderal TNI yang baik dan tegas. Toisutta bahkan dikenal sebagai seorang guru di TNI dan pelatih.

"Saya merasakan betul karena ia seorang pelatih seorang guru teman-teman, nggak ada yang tidak tahu dengan beliau, tidak ada yang kenal dengan beliau yang sosoknya baik dan tegas," kata Tatang saat ditemui seusai pemakaman, Rabu (12/6/2019).



Toisutta, kata Tatang, dikenal sebagai jenderal yang memiliki karir cemerlang dan lima kali menjabat di berbagai tempat di TNI. Oleh karena itu, pemerintah melalui TNI memberi penghargaan dengan melakukan upacara militer kepada almarhum.

"Ya beliau ini mantan Kepala Staf Angkatan Darat, beliau termasuk mulai dari karir Angkatan Darat beliau 5 kali menjabat Panglima. Panglima komando operasi Aceh, panglima divisi, kemudian Pangdam Cenderawasih dan Pangdam 3 Siliwangi, kemudian Pangkostrad," terangnya.

Selain Tatang, turut hadir mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Pangdam VIX Hasanuddin, Wakapolda Sulsel, dan PJ Wali Kota Makassar.



Toisutta merupakan mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Pria kelahiran Makassar, 1 Juni 1953, itu meninggal dunia hari ini sekitar pukul 05.25 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Bagi kalangan prajurit, mendiang dikenal sebagai sosok yang baik dan sangat berwibawa.
(idn/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed