DetikNews
Rabu 12 Juni 2019, 17:08 WIB

2 Gajah Latih Dikerahkan Giring Gajah Liar Kembali ke Habitat di Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
2 Gajah Latih Dikerahkan Giring Gajah Liar Kembali ke Habitat di Riau Enam ekor gajah liar keluar dari habitatnya dan memasuki perkebunan sawit di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau/Foto: Dok. Istimewa
Indragiri Hulu - Enam ekor gajah liar keluar dari habitatnya dan memasuki perkebunan sawit di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau. Untuk menggiringnya, dua ekor gajah latih diterjunkan.

"Dua ekor gajah latih kita turunkan ke lokasi tempat gajah liar tersebut. Gajah latih ini berasal dari kawasan Taman Nasional Tesso Nilo," kata Kepala Wilayah I BBKSDA Riau, Andri Hansen Siregar kepada detikcom, Rabu (12/6/2019).

Hansen menjelaskan, dua ekor gajah jinak ini semestinya sudah dikerahkan Selasa (11/6). Hanya karena cuaca hujan, hal itu menjadi penghalang karena kondisi jalan yang becek.





"Baru tadi siang gajah jinak kita kirim dari Desa Lubuk Kembang Bungo di TNTN. Nunggu hujan reda, karena jalannya sulit dilalui kendaraan," kata Hansen.

Dua gajah latih ini dibawa dengan dua truk. Butuh waktu 3 jam dalam perjalanan membawa gajah ini ke lokasi.

"Tadi informasi yang kita terima belum sampai di lokasi. Tapi kemungkinan sebentar lagi akan sampai truk yang membawa gajah jinak tersebut," kata Hansen.

Gajah jinak yang dikirim untuk menggiring gajah liar ini, sambung Hansen, merupakan gajah dewasa. Gajah ini sudah terlatih dalam penggiringan gajah liar.

"Gajah jantan yang sudah terlatih itu diberi nama Indro. Gajah ini cukup pemberani," kata Hansen.
(cha/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed