detikNews
Rabu 12 Juni 2019, 16:02 WIB

Pansel Temui Jaksa Agung Dorong Jaksa Potensial Daftar Capim KPK

Zakia Liland Fajriani - detikNews
Pansel Temui Jaksa Agung Dorong Jaksa Potensial Daftar Capim KPK Pansel capim KPK bertemu Jaksa Agung M Prasetyo, Rabu (12/6/2019) Foto: Zakia Liland/detikcom
Jakarta - Panitia seleksi (Pansel) calon pimpinan KPK menemui Jaksa Agung M Prasetyo. Pansel ingin meminta rekomendasi agar jaksa mendaftar sebagai capim KPK.

"Pansel itu mengumumkan pendaftaran tapi juga jemput bola. Jadi kita melihat nama-nama yang potensial itu akan kita hubungi agar dia mendaftar," ujar Ketua Pansel capim KPK, Yenti Garnasih kepada wartawan usai pertemuan di Kejagung, Jl Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jaksel, Rabu (12/6/2019).

Pansel KPK menurut Yenti sudah mengantongi sejumlah nama jaksa yang potensial untuk ikut mendaftar capim pada 17 Juni-4 Juli 2019. Jaksa yang didorong mendaftar capim KPK dilihat dari track record dan kredibilitas.





"Kita juga minta kepada jaksa agung untuk menyiapkan dan kemudian mendorong untuk (mendaftar)," sambungnya.

Sementara itu, Jaksa Agung Prasetyo mengatakan, pertemuan dengan Pansel KPK membahas unsur capim KPK dengan komposisi yang salah satunya berasal dari Kejaksaan.





"Bagi kejaksaan kan ini kepercayaan. Tentunya karena dipercaya menyodorkan nama, ini bagi kita juga beban. Kita coba untuk mencarikan figur-figur yang terbaik, itu yang kita lakukan nanti," kata Jaksa Agung.

Para jaksa yang didorong mendaftar menurut Prasetyo harus memenuhi persyaratan sebagaimana diatur UU. "Masalah integritas, kredibilitas, masalah keberanian, ketegasan, kapabilitas," katanya.



Tonton video Seleksi Capim KPK, Pansel Dengar Masukan Pimpinan KPK:

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed