detikNews
Rabu 12 Juni 2019, 14:59 WIB

Gerindra Yakin Eks Timses Anies Jadi Komisaris MRT Karena Profesionalisme

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Gerindra Yakin Eks Timses Anies Jadi Komisaris MRT Karena Profesionalisme M Taufik (Foto: Grandyos Zafna-detikcom)
Jakarta - Rapat umum pemegang saham (RUPS) MRT Jakarta menunjuk mantan Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja menjadi anggota dewan komisaris. Adnan juga diketahui menjadi tim sukses Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selama kampanye Pilgub DKI Jakarta 2017.

Penasihat Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta M Taufik menyebut penunjukan Adnan bukan karena kedekatan tapi profesionalisme. Taufik mengatakan rekam jejak Adnan di KPK dibutuhkan oleh MRT.

"Saya kira karena berdasarkan profesionalismenya. Kalau sekelas Adnan Pandu untuk mengontrol jalannya perusahaan yang modalnya besar saya kira layak," kata Taufik di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (12/6/2019).



Adnan mengatakan penunjukan komisaris BUMD merupakan kewenangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia menilai Adnan diperlukan untuk mengawasi anggaran MRT yang harus dikelola secara ketat.

"Kalau soal komisaris itu kewenangannya gubernur. Kenapa ditaruh di situ mungkin punya kepentingan karena MRT kan sesuatu yang besar juga. Yang menggunakan uang besar juga. Jangan lupa itu uang pinjaman, MRT mesti kembalikan. Sehingga perlu ada orang yang mengontrol secara ketat," ucapnya.


Selain Adnan Pandu, mantan Kepala Basarnas Muhammad Syaugi juga ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT MRT Jakarta. Syaugi menggantikan Rukijo yang sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Komisaris Utama. MRT juga memberhentikan Yusmada Faizal sebagai Komisaris Perseroan.

"Mengangkat Saudara Muhammad Syaugi sebagai Komisaris Perseroan dengan masa jabatan dengan anggaran Perseroan," kata Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta, Muhammad Kamaludin, dalam keterangan tertulisnya.



Tonton video Tiadakan Yustisi, Anies: Tak Berarti Undang Orang ke Jakarta:

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed