DetikNews
Rabu 12 Juni 2019, 14:26 WIB

Gajah Masuk Perkebunan Sawit Warga Berasal dari Taman Nasional Tesso Nilo

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Gajah Masuk Perkebunan Sawit Warga Berasal dari Taman Nasional Tesso Nilo Enam ekor gajah liar masuk ke perkebunan sawit warga di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau. (Foto: Dok. Istimewa)
Indragiri Hulu - Enam ekor gajah liar yang masuk perkebunan sawit warga di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau diduga datang dari kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN). Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono mengatakan, gajah keluar dari habitatnya yang berjarak 15 Km dari perkebenunan sawit.

"Gajah yang masuk perkebunan sawit di Kecamatan Peranap dan Kelayang itu berada di TNTN," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono kepada detikcom, Rabu (12/6/2019).

Haryono menyebut, saat ini pihaknya sedang menghalau gajah keluar dari lokasi perkebunan sawit. Menurutnya, gajah-gajah itu terpisah dari kelompoknya.

"Gajah liar ini lagi dilakukan penggiringan untuk keluar dari lokasi kebun sawit," kata Haryono.



Menurut Haryono, enam ekor gajah liar ini terpisah jadi dua kelompok. Dua ekor gajah remaja di Kecamatan Kelayan dan empat ekor di Kecamatan Peranap. Untuk di Peranap, dipimpin satu ekor gajah induk.

"Jadi kita perkirakan, gajah ini satu keluarga yang keluar dari TNTN. Tim lagi mengusahakan kedua ekor gajah di Kecamatan Kelayang untuk digeser di Peranap bersama induknya," kata Haryono.

Setelah nantinya kedua kelompok ini berkumpul, kata Haryono, barulah akan sama-sama digiring untuk keluar dari lokasi. Karena jika tidak satukan, akan kesulitan karena mereka satu keluarga.

"Tim akan menggiringnya untuk keluar dari lokasi perkebunan sawit. Tentunya kita giring nantinya ke arah TNTN," tutup Haryono.
(cha/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed