detikNews
Selasa 11 Juni 2019, 17:39 WIB

Pencoret Gambar Kemaluan di Masjid Cilandak Gangguan Jiwa

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Pencoret Gambar Kemaluan di Masjid Cilandak Gangguan Jiwa Pelaku vandalisme di masjid di Cilandak. (Jefrie NS/detikcom)
Jakarta - DJF alias Dimas (35) diringkus polisi. Dia merupakan pelaku vandalisme di Masjid Jami Al-Hikmah dan Masjid Nurul Falah di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, pada April 2019. Menurut polisi, Dimas mengalami gangguan jiwa.

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar mengatakan Dimas diringkus polisi pada Sabtu (1/6) lalu sekitar pukul 14.30 WIB di wilayah Karang Tengah, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan. Dimas diamankan warga saat hendak mencoret lagi Masjid Nurul Falah.


Dimas kemudian dibawa polisi dan diperiksa kejiwaannya di RS Said Sukanto atau RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur. Dari hasil pemeriksaan, diketahui Dimas mengalami gangguan jiwa.

"Ternyata yang bersangkutan positif mengidap penyakit stres, yaitu skizofrenia. Itu bahasa kedokterannya. Sudah diperiksa kejiwaannya ternyata memang mengalami gangguan," kata Kombes Indra dalam jumpa pers di Mapolres Jakarta Selatan, Selasa (11/6/2019).

"Stresnya sejak 2010. Menurut keterangan keluarga, memang yang bersangkutan ada gangguan kejiwaan, sejak ditinggalkan ibunya. Ditinggal ibunya meninggal tahun 2010 itu. Sejak saat itu dia mengalami gangguan," sambung Kombes Indra.


Kombes Indra mengatakan pihaknya belum bisa mendalami lebih jauh motif Dimas melakukan aksi vandalisme di masjid. Terlebih, pelaku menggambar kelamin pria.

"Sampai saat ini karena memang ada gangguan jiwa, sehingga kita belum bisa memastikan apa yang menjadi penyebab atau motivasi dia melakukan pencoretan terhadap masjid itu. Ini yang masih simpang siur, kita masih mendalami. Tapi positif bahwa yang bersangkutan mengidap penyakit atau gangguan jiwa, berupa skizofrenia. Ada gangguan kejiwaan, stres, sehingga dia melakukan itu," ujarnya.
(hri/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed