detikNews
Selasa 11 Juni 2019, 15:56 WIB

KPU Tahu Sejak Awal soal Posisi Ma'ruf Amin di Dua Bank

Dwi Andayani - detikNews
KPU Tahu Sejak Awal soal Posisi Maruf Amin di Dua Bank Komisioner KPU Hasyim Asyari (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)
Jakarta - Posisi cawapres KH Ma'ruf Amin di dua bank dipermasalahkan tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Mahkamah Konstitusi (MK). KPU mengatakan pihaknya telah mengetahui posisi jabatan Ma'ruf Amin sejak awal pendaftaran.

"Jadi informasi ini bukan informasi awal bagi KPU, ini sudah diketahui sejak awal," ujar komisioner KPU Hasyim Asyari di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (11/6/2019).


Hasyim mengatakan pihaknya mengurus semua pendaftaran hingga penetapan calon. Dalam tahapan tersebut, Hasyim menyebut pihaknya telah meminta klarifikasi ke berbagai lembaga.

"Jadi begini, yang namanya calon peserta pemilu presiden itu pasangan calon itu mendaftar kan ke KPU, lembaga yang menerima pendaftaran, memproses penelitian administrasi, verifikasi, sampai dengan penetapan sebagai calon adalah KPU," kata Hasyim.

"Maka, KPU dalam ruangan itu juga menggunakan kesempatan melakukan klarifikasi, ke sana-kemari kepada lembaga-lembaga yang punya otoritas untuk menentukan itu," sambungnya.


Menurutnya, berdasarkan hasil verifikasi, KPU meyakini Bank BNI Syariah dan Mandiri Syariah bukan BUMN. Hasyim menyebut hal ini membuat Ma'ruf Amin dinyatakan memenuhi syarat sebagai calon.

"Kalau KPU berdasarkan verifikasi meyakini bahwa lembaga itu bukan BUMN, sehingga kemudian calon wakil presiden Pak Kiai Ma'ruf Amin dinyatakan tetap memenuhi syarat," kata Hasyim.



Simak juga video Wiranto Imbau Tak Ada Pengerahan Massa di Sidang Gugatan Pilpres:

[Gambas:Video 20detik]


(dwia/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed