detikNews
Selasa 11 Juni 2019, 10:40 WIB

Viral Beruang Madu di Singkawang Kurus Kering, BKSDA Turun Tangan

Indah Mutiara Kami - detikNews
Viral Beruang Madu di Singkawang Kurus Kering, BKSDA Turun Tangan BKSDA mengecek kondisi beruang madu yang viral di Singkawang. (Dok. BKSDA Kalbar)
Jakarta - Video seekor beruang madu di Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar), yang kurus kering viral di media sosial dan membuat netizen miris. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalbar turun tangan melakukan pengecekan.

Dalam video yang beredar, beruang madu yang kurus kering itu tampak berdiri di dalam kandang. Perekam video merasa kasihan pada beruang itu.

"Kurusnya... kasihan," ucapnya.




Viralnya kondisi beruang madu ini sampai ke telinga BKSDA Kalbar. Beruang madu (Helarctos malayanus) itu berada di Lembaga Konservasi Sinka Island Park Singkawang.

"BKSDA Kalbar selaku otoritas yang menangani tumbuhan dan satwa liar serta pembina langsung dari lembaga konservasi ini bertindak cepat di lapangan," demikian keterangan BKSDA Kalbar lewat akun Instagram resminya, Selasa (11/6/2019).

Viral Beruang Madu di Singkawang Kurus Kering, BKSDA Turun TanganBKSDA mengecek kondisi beruang madu yang viral di Singkawang. (Dok. BKSDA Kalbar)


Pengecekan dilakukan oleh Plh Ka Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang bersama 7 petugas, yang terdiri dari Polhut, pengendali ekosistem hutan (PEH), serta dokter hewan. Mereka meninjau dan memeriksa kondisi beruang madu itu.



BKSDA Kalbar meminta komitmen pengelola agar beruang madu dan satwa lainnya mendapat perlakuan yang layak. Pengelola Lembaga Konservasi Sinka Island Park Singkawang disebut berjanji menjaga kondisi satwa-satwa di sana.

"Lembaga Konservasi Sinka Islands Park sebagai pengelola berkomitmen untuk mengembalikan, menjaga, serta memantau terus kondisi kesehatan serta kesejahteraan beruang madu dan satwa koleksi lainnya," ungkap BKSDA Kalbar.


View this post on Instagram

REAKSI CEPAT UNTUK BERUANG MADU . Menjadi viral di media sosial, kondisi salah satu beruang madu (Helarctos malayanus) di Lembaga Konservasi Sinka Island Park Singkawang ramai diperbincangkan. Satu dari beberapa jenis satwa penghuni Lembaga Konservasi ini sedang kurang baik kondisi kesehatannya. BKSDA-KALBAR selaku otoritas yang menangani Tumbuhan dan Satwa Liar serta pembina langsung dari Lembaga Konservasi ini bertindak cepat di lapangan. Dipimpin oleh Plh Ka Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang, 7 orang petugas yang terdiri dari Polhut, PEH serta Dokter hewan meninjau dan memeriksa kondisi kesehatan satwa tersebut. Sebagai pembina, BKSDA-KALBAR akan terus memantau dan menekankan komitmen pengelola agar beruang madu tersbut dan satwa koleksi lainnya mendapatkan perlakuan yang layak. Lembaga Konservasi Sinka Islands Park sebagai pengelola berkomitmen untuk mengembalikan, menjaga serta memantau terus kondisi kesehatan serta kesejahteraan beruang madu dan satwa koleksi lainnya. Semoga situasi ini dapat segera terwujud. Dukungan semua pihak, doa serta upaya terbaik akan terus kami lakukan guna perbaikan kondisi dan kesejahteraan semua satwa. . Bravo Konservasi

A post shared by Balai KSDA Kalimantan Barat (@bksdakalbar) on Jun 10, 2019 at 3:50am PDT


(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed