detikNews
Senin 10 Juni 2019, 16:31 WIB

NasDem: Bila Ingin Bergabung, DNA Politik PAN-PD Harus Jelas

Yulida Medistiara - detikNews
NasDem: Bila Ingin Bergabung, DNA Politik PAN-PD Harus Jelas Johnny G Plate (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate mengatakan, jika ingin bergabung dengan Koalisi Indonesia Kerja (KIK), Partai Demokrat dan PAN harus memiliki DNA politik yang jelas. Namun ia meminta sikap dua parpol tersebut tidak bertentangan dengan koalisi, baik di dalam maupun di luar kabinet.

"Tapi, kalau bergabung di kabinet, ya sikap politiknya juga harus jelas DNA-nya, jangan di kabinet iya, keluar dari situ menentang kebijakan, misalnya. Di luar kabinet menentang kebijakan, akan tidak terjadi sinkron. Nah itu nanti kan di kabinet juga tidak bisa efektif," kata Johnny di kompleks DPR, Jakarta, Senin (10/6/2019).


Selain itu, Johnny mengingatkan PAN dan Demokrat harus menerima program visi-misi Jokowi-Ma'ruf Amin bila ingin bergabung ke KIK. Jangan sampai, katanya, ketika sudah bergabung ke KIK, sikap mereka malah bertentangan dengan visi-misi Jokowi-Ma'ruf.

"Harus bisa menerima program visi-misi Presiden Jokowi dan Kiai Ma'ruf, karena itu yang mayoritas di-endorse mayoritas rakyat. Jangan sampai nanti jadi kabinet, di kabinet juga bawa ini, 'visi kami begini', membawa visi baru yang tidak sejalan atau menabrak visi Pak Jokowi. Hal itu tentu tidak bisa diterima," ujarnya.


Meski demikian, dia mengatakan penentuan anggota kabinet jadi hak prerogatif presiden. Ia menegaskan sikap kedua parpol tersebut harus jelas.

"Sikapnya harus menjadi jelas. Kalau sekarang belum jelas, nanti harus membuat jelas sebagaimana kami yang jelas. Sikap kami kan jelas gitu loh. Jadi kalau mau bergabung harus jelas," ujarnya.


PD Diminta Keluar dari Koalisi Prabowo, PAN: Perlu Diklarifikasi:

[Gambas:Video 20detik]


(yld/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed