Round-Up

Kembali ke Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Senin, 10 Jun 2019 07:35 WIB
Suasana di Terminal Kampung Rambutan (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)


Selain itu, pemudik asal Sumatera terus berdatangan di Pelabuhan Merak, Banten. Sebagian di antara mereka hendak menuju Jakarta.

Pantauan detikcom Minggu (9/6) sore, kapal-kapal pembawa pemudik bergantian berlabuh di tiap dermaga Pelabuhan Merak. Arus kendaraan roda empat bergantian turun dari kapal untuk keluar pelabuhan.


Di dermaga 6 misalnya, antrean kendaraan yang baru turun dari kapal terlihat ramai. Kendaraan dari dermaga eksekutif mengantre untuk dapat keluar, antrean itu diakibatkan dari penyempitan jalur di dermaga 1.

Sementara, di dermaga 7, pemudik motor terpantau ramai turun dari kapal, beberapa terlihat kendaraan roda empat. Dermaga 7 memang dikhususkan bagi pemudik motor.

Selain itu, pemudik juga terus berdatangan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Data per pukul 17.00 WIB, sebanyak 15.784 sudah tiba di Jakarta.

"Untuk situasi update terakhir di Terminal Kampung Rambutan, yang tiba itu sudah mencapai angka 15.784 dari mulai pukul 00.00 Wib sampai dengan pukul 17.00 WIB," kata Kepala Satuan Pelaksana Terminal Kampung Rambutan Thofik Winanto di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (9/6/2019).


Suasana di Terminal Kampung RambutanSuasana di Terminal Kampung Rambutan Foto: (Azizah-detikcom)


Menurut Thofik, kebanyakan pemudik yang tiba di Terminal Kampung Rambutan berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sumatera. Selanjutnya, banyak juga pemudik dari Jawa Tengah.

"Kalau kita lihat dari dominasi pemudik yang saat ini, menurut dari data kami itu dari Jawa Barat seperti Banjar, Garut, Tasik. Akan tetapi terkait dengan kendaraan yang mendominasi kedua itu dari Jawa Tengah seperti Purwokerto, Pemalang, maupun Tegal," ujar Thofik.

Minggu 9 Juni 2019 atau H+4 Lebaran memang diprediksi menjadi puncak arus balik pemudik. Namun jumlah pemudik yang datang ke Jakarta diperkirakan terus bertambah.

Halaman

(knv/fdn)