detikNews
Minggu 09 Juni 2019, 13:57 WIB

Cerita Berkesan Ramadhan

6 Makanan Khas Mesir Paling Dikenang Selama Ramadhan

Kholifatunnisa - detikNews
6 Makanan Khas Mesir Paling Dikenang Selama Ramadhan Qatayef, serabi Mesir (Kholifatunnisa/Istimewa)
FOKUS BERITA: Cerita Berkesan Ramadhan
Kairo - Menjalani Ramadhan di luar negeri adalah saatnya berkenalan dengan aneka kuliner lokal. Inilah 6 makanan khas Mesir yang paling dikenang selama Ramadhan yang baru berlalu.

Aneka makanan takjil biasanya merupakan resep khas Nusantara yang digemari berbagai kalangan. Mulai dari gorengan, kue tradisional, minuman hangat, hingga minuman dingin. Tujuh makanan khas Mesir ini juga menjadi hidangan takjil

Meskipun merupakan hidangan khas Timur Tengah, akan tetapi makanan ini ramah di lidah Asia. Bahannya pun murah dan cara memasaknya juga mudah.

1. Ruz Billaban

6 Makanan Khas Mesir Paling Dikenang Selama RamadhanRuz Bilaban (Kholifatunnisa/Istimewa)
Merupakan bubur nasi yang dibuat dengan campuran susu, makanan ini rasanya manis. Teksturnya memang tidak selembut bubur ayam, tapi disajikan dalam keadaan dingin. Tertarik mencoba?

Bahan yang diperlukan hanya segelas beras, satu liter susu cair, gula secukupnya, dan tepung jagung. Cara memasaknya cukup campurkan semua bahan kecuali tepung jagung, masak dan aduk terus hingga menjadi bubur. Kemudian masukkan tepung jagung ke dalam air setengah gelas, aduk hingga larut, masukkan ke dalam bubur yang sudah masak, aduk sebentar. Lalu tuang ke dalam wadah, beri toping biasanya berupa kismis dan parutan kelapa kering, masukkan ke dalam lemari es. Sajikan dalam keadaan dingin

2. Qatayef

Bentuknya bulat pipih seperti pancake, orang Indonesia biasa menyebutnya 'serabi Mesir' karena rasanya memang persis seperti serabi tanpa gula. Uniknya, hidangan ini hanya dijual di bulan Ramadhan saja.

Cara memasaknya pun mudah. Campurkan setengah gelas tepung terigu, satu gelas tepung beras, satu gelas air, satu butir telur, margarin yang sudah dilelehkan, dan satu sendok baking soda. Aduk sampai adonan tercampur rata, diamkan sepuluh menit. Adonan siap dimasak. Makanan ini biasanya disantap dengan selai, keju, madu, atau madu hitam. Lezat!

3. Sahlab

6 Makanan Khas Mesir Paling Dikenang Selama RamadhanFoto: (Kholifatunnisa/Istimewa)
Perpaduan cream kelapa dan susu cair membuat minuman ini memiliki sensasi yang unik. Bahannya tak banyak dan proses pembuatannya cukup mudah.
Cukup campurkan dua sendok tepung maizena, satu gelas susu cair, gula secukupnya, dan santan kelapa kental 100 ml, kemudian masak sampai adonan mengental. Masukkan ke dalam gelas, beri toping, dan sajikan dalam keadaan hangat.

4. Susu Kurma

Ini merupakan susu yang dipanaskan dengan campuran kurma kering. Minuman ini tidak mengandung gula atau pemanis tambahan, karena rasa manisnya cukup dihasilkan dari sari kurma yang menyatu dengan susu. Untuk menyajikan minuman ini, Anda tidak perlu repot menghancurkan kurma kering itu. Cukup belah kurma kering menjadi dua, masukkan ke dalam susu dan panaskan sampai warnanya berubah menjadi agak kecoklatan. Setelah matang, biasanya masyarakat Mesir memasukkannya ke dalam lemari es untuk kemudian disajikannya dalam keadaan dingin. Segar dan praktis, kan?

5. Puding Custard

Rasanya mirip dengan puding. Akan tetapi makanan ini dibuat dengan susu cair, gula, kuning telur, dan tepung jagung. Semakin lezat ketika disajikan dengan biskuit sebagai lapisannya.

Cara memasaknya cukup mudah. Campurkan semua bahan, kemudian panaskan sampai adonan mengental, lalu tuang adonan ke dalam wadah. Untuk variasi warna, anda bisa menambahkan pewarna makanan sebelum dimasak. Bisa ditambahkan biskuit atau buah-buahan sebagai lapisan di dalamnya. Sajikan dalam keadaan dingin.

6. Omm Ali

6 Makanan Khas Mesir Paling Dikenang Selama RamadhanOmm Ali (Kholifatunnisa/Istimewa)
Omm Ali juga punya rasa yang enak. Rasanya mirip seperti Ruzz Billaban, yang membedakan adalah tekstur Omm Ali lebih lembut, dan adonannya harus dipanggang sebelum dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Makanan ini cocok jadi suguhan berbuka.

*) Kholifatunnisa adalah mahasiswi Universitas Al Azhar Kairo jurusan Bahasa Arab semester 6. Dia juga anggota PPMI Mesir dan Pemimpin redaksi majalah Suara PPMI Mesir.
*) Artikel ini terselenggara atas kerja sama detikcom dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia)
(fay/fay)
FOKUS BERITA: Cerita Berkesan Ramadhan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed