detikNews
Minggu 09 Juni 2019, 11:44 WIB

Gunung Merapi Kembali Keluarkan Awan Panas dan Guguran Lava

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Gunung Merapi Kembali Keluarkan Awan Panas dan Guguran Lava Ilustrasi Gunung Merapi (Foto: ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)
Yogyakarta - Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas guguran dini hari tadi. Jarak luncur awan panas sejauh 1.000 meter ke arah hulu Kali Gendol.

"Terjadi awan panas guguran di Gunung #Merapi tanggal 9 Juni 2019 pukul 03.31 WIB. Awan panas guguran tercatat di seismogram dengan amplitudo 60 mm dan durasi 109 detik. Jarak luncur 1000 m ke arah hulu Kali Gendol," tulis Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta pada akun Twitter-nya, Sabtu (9/6/2019).


BPPTKG mencatat, dari pengamatan sejak Kamis (8/6) pukul 18.00 WIB hingga hari ini pukul 06.00 WIB, terpantau ada 18 kali guguran lava. Jarak luncur guguran tersebut sejauh 400-1.000 meter ke arah hulu Kali Gendol.

"Terpantau dari CCTV 18 kali guguran lava, jarak luncur 400-1.000 m arah hulu kali Gendol," lanjutnya.


Hingga saat ini, BPPTKG masih menetapkan status Gunung Merapi pada level II atau waspada. Karena itu, untuk sementara, kegiatan pendakian tidak direkomendasikan, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana.

BPPTKG juga mengimbau warga tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Warga juga diimbau untuk mengantisipasi abu vulkanik dan tetap waspada terhadap bahaya lahar, terutama saat hujan terjadi di Gunung Merapi.
(mae/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com