detikNews
Minggu 09 Juni 2019, 10:44 WIB

Menteri PUPR: Usulan Penonaktifan GT Palimanan Bukan Ditolak

Indra Komara - detikNews
Menteri PUPR: Usulan Penonaktifan GT Palimanan Bukan Ditolak Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Kalikangkung - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan usul Menhub Budi Karya Sumadi menonaktifkan Gerbang Tol (GT) Palimanan tak ditolak. Basuki menyebut usulan Menhub akan dijalankan secara kondisional.

"Ada yang bilang usulan Pak Menhub ditolak, bukan. Palimanan ini sudah disiapkan 38 gate yang biasanya 26. Ini pun apa yang disarankan Pak Menhub akan kita laksanakan," kata Basuki di Pos Terpadu GT Kalikangkung, Jawa Tengah, Minggu (9/6/2019).


Basuki mengatakan usul Menhub akan dijalankan apabila ada antrean di atas 2 km sampai 3 km. Jika antrean mengular melebihi 3 km, Kakorlantas akan segera mengambil keputusan atas usulan Menhub.

"Jika antrean mencapai 2-3 km, itu langsung diambil keputusan oleh Kakorlantas, dibuka. Tapi tidak terus dibuka. Begitu nanti ada antrean lebih dari 2 atau 3 km, itu Pak Kakorlantas yang akan ambil diskresinya. Jadi usulan Pak Menhub diakomodir dengan kondisional," tegasnya.

Sebelumnya, Budi mengusulkan akan memberi toleransi jika macet di GT Palimanan arah Jakarta maksimal 3 km. Jika melebihi itu, Budi akan menonaktifkan GT Palimanan untuk sementara.


"Sejak kemarin saya merekomendasikan GT Palimanan itu ditiadakan, tetapi sampai sekarang belum. Jadi apa yang kita sepakati tadi kita hanya memberikan toleransi sampai 3 km kemacetan," kata Budi di Pos Jasa Marga GT Cikampek Utama, Cikampek, Jumat (7/6).

Usul Budi itu dijawab pihak operator. Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya Firdaus Azis, operator Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mengatakan usul Menhub itu tidak bisa diterapkan.

"Kita sudah bahas ya dengan pihak terkait, itu banyak libatkan operator ya, bahwa hal tersebut tidak bisa dilakukan. Saya kurang paham ya arahan Kemenhub gimana, cuma kita secara decision-nya (keputusan) sama operator lain seperti itu, ya," ungkap Firdaus, Jumat (7/6).
(idn/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed