detikNews
Minggu 09 Juni 2019, 08:26 WIB

Cerita Berkesan Ramadhan

7 Tempat Terbaik Selama Ramadhan di Alexandria, Mesir

Kholifatunnisa - detikNews
7 Tempat Terbaik Selama Ramadhan di Alexandria, Mesir Foto: (Kholifatunnisa/Istimewa)
FOKUS BERITA: Cerita Berkesan Ramadhan
Alexandria - Bulan Ramadhan telah berakhir dan meninggalkan banyak kenangan di luar negeri. Misalnya saja aneka tempat untuk ngabuburit di Alexandria, Mesir.

Dalam bulan Ramadhan yang baru berakhir, banyak aktivitas menarik dan seru yang bisa dilakukan saat ngabuburut di Alexandria, Mesir. Mulai dari naik tram sambil keliling kota tua Alexandria, sampai bersepeda di taman Montaza. Tentunya kegiatan yang bisa anda lakukan saat ngabuburit ini murah meriah, bahkan ada yang gratis, lho.

1. Naik tram keliling Kota Tua Alexandria

7 Tempat Terbaik Selama Ramadhan di Mesir untuk NgabuburitKota tua Alexandria (Kholifatunnisa/Istimewa)
Mesir merupakan negara bekas jajahan Prancis, maka tak heran jika di sana anda mendapati banyak bangunan bergaya Prancis. Selain di Downtown Kairo, gedung bercorak Prancis ada di Alexandria. Termasuk salah satu sarana transportasi darat yang dikenal dengan tram juga bisa anda jumpai di sana.

Untuk menelusuri ikon menarik itu anda bisa sambil naik tram. Uniknya, kebanyakan tram di Alexandria masih merupakan jenis yang lama. Jadi sensasi menjajah masa lalu di sana akan semakin terasa menyenangkan.

Tiketnya cukup lima Pound saja atau sekitar empat ribu rupiah. Tram ini memiliki banyak rute yang tersebar di Kota Alexandria. Anda bisa menjajalnya satu persatu di waktu ngabuburit. Sambil naik tram, anda juga bisa sambil hunting foto. Menarik, kan?

2. Jalan santai di Taman Montaza

Taman Montaza merupakan taman terbesar di Alexandria. Luas taman ini mencapai 20 hektar. Lokasinya persis berada di sebelah laut Mediterania, di dalamnya terdapat istana raja terakhir yang menguasai Kota Alexandria yaitu Raja Farouq. Tiket masuknya sebesar 25 Pound Egypt atau sekitar 20 ribu rupiah. Sambil menyusuri taman yang luas itu, Anda bisa jalan santai, naik sepeda, atau menyewa ATV yang tersedia di pintu masuk.

Selain bangunan istana yang berdiri megah di pinggir pantai, jembatan merah, mercusuar, dan perkebunan kurma juga jadi ikon menarik bagi pengunjung di sana. Untuk anda yang berada di Alexandria, aktivitas ini bisa anda coba. Suasana pantai yang sejuk mampu menghalau cuaca yang panas dan menghilangkan penat setelah seharian beraktivitas. Ditambah pemandangan yang menyenangkan semakin membuat fikiran menjadi segar dan tubuh lebih bersemangat.

3. Olahraga ringan di dekat Stanley Bridge

7 Tempat Terbaik Selama Ramadhan di Mesir untuk NgabuburitStanley Bridge (Kholifatunnisa/Istimewa)
Ada sebuah ruang untuk berolahraga di pinggir pantai Alexandria. Lokasinya tidak jauh dari Stanley Bridge atau yang biasa disebut orang Indonesia sebagai Jembatan KCB (Ketika Cinta Bertasbih) karena salah satu adegannya diambil di lokasi tersebut. Biasanya para pecinta olahraga mengunjungi tempat itu di sore hari. Sambil menunggu berbuka, tidak ada salahnya untuk berolahraga ringan, bukan? Tidak dipatok biaya, tempat ini ramai di sore dan malam hari. Menarik, kan?

4. Hunting foto di Kota Tua Alexandria

Untuk anda yang hobi fotografi, kota tua Alexandria bisa menjadi objek foto menarik untuk mengisi memori di kamera anda. Bangunan bergaya Perancis yang indah masih berdiri kokoh disana. Ikon menarik itu bisa anda jumpai di sepanjang jalan dari Stasiun Masr sampai jalanan di pinggir laut Mediterania.
Taksi tua berwarna hitam kuning dan tram model lama yang sesekali lewat akan semakin menambah kesan unik di foto anda.

5. Ziarah ke Makam Nabi Daniel, Lukman Hakim dan para ulama

Islam mengenal ribuan nabi dan 25 rasul. Salah satu dari ribuan nabi tersebut dimakamkan di Alexandria, yaitu Nabi Daniel. Bahkan di sebelah makamnya juga disemayamkan jasad orang yang diceritakan dalam Alquran yaitu Lukman Hakim. Untuk Anda yang di Alexandria, berziarah ke makam-makam tersebut di saat ngabuburit sangat direkomendasikan.

Lokasinya yang berdekatan, mudah dijangkau, dan merupakan makam orang-orang salih tentu semakin memikat untuk mengunjunginya. Selain Nabi Daniel dan Lukman Hakim, dimakamkan juga disana Imam Al Busiri pengarang qosidah burdah, Imam Yaqut Al Arsy, dan puluhan ulama lainnya yang dikenal ulama dunia karena ilmu dan kesolehannya.

6. Naik bus tour Alexandria

7 Tempat Terbaik Selama Ramadhan di Mesir untuk NgabuburitBus wisata (Kholifatunnisa/Istimewa)
Ada salah satu aktivitas menarik yang bisa anda lakukan saat ngabuburit di Alexandria. Yaitu naik bus tour Alexandria sambil menyusuri pinggir pantai Mediterania. Bus tour yang berwarna merah ini merupakan bus tingkat yang terbuka di bagian atapnya. Tiketnya dipatok harga 10 Pound Mesir untuk satu orang. Kendaraan itu akan membawa kalian dari Taman Montaza, melewati pantai Mansyea, dan berakhir di jalan menuju Benteng Qaitbay.

7. Memancing ikan di pinggir laut

Selain untuk berolahraga, memancing merupakan aktivitas untuk menguji kesabaran. Untuk anda yang hobi memancing, tidak ada salahnya untuk mencoba menanti waktu berbuka dengan memancing Ikan di pinggir laut. Biasanya orang-orang ramai memancing di pinggir pantai Qaitbay. Cukup menjadikan roti isi sebagai umpan, kalian bisa membawa hasil tangkapan sebagai hidangan berbuka. Tertarik mencoba?

*) Kholifatunnisa adalah mahasiswi Universitas Al Azhar Kairo jurusan Bahasa Arab semester 6. Dia juga anggota PPMI Mesir dan Pemimpin redaksi majalah Suara PPMI Mesir.
*) Artikel ini terselenggara atas kerja sama detikcom dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia)
(fay/fay)
FOKUS BERITA: Cerita Berkesan Ramadhan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed