detikNews
Minggu 09 Juni 2019, 00:23 WIB

11 Pengunjung Pantai di Sukabumi Tersengat Ubur-ubur

Syahdan Alamsyah - detikNews
11 Pengunjung Pantai di Sukabumi Tersengat Ubur-ubur Ubur-ubur yang ditemukan di pantai (Foto: Istimewa)
Sukabumi - Sebelas orang wisatawan Pantai Karanghawu, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat, terkena sengatan ubur-ubur. Peristiwa itu terjadi saat para wisatawan sedang bermain di pinggir pantai.

"Catatan kami ada 11 orang yang terkena sengatan ubur-ubur, namun penanganan seluruh korban berlangsung cepat sehingga bekas sengatan tidak berdampak terlalu jauh," kata Kepala Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpol Airud) Polres Sukabumi AKP Amran Kusnandar, Sabtu (8/6/2019).



Kesebelas orang itu langsung dibawa ke Pos Medis untuk mendapat pertolongan. Kepala Pos Balawista Pantai Sunset, Andre Wijaya, menyebut ubur-ubur yang menyengat pengunjung dikenal dengan nama Jalatong.

"Biasanya tidak lama setelah terkena sengatan badan langsung menggigil, tapi alhamdulillah karena cepat mendapat penanganan makanya tidak menimbulkan efek lebih jauh. Korban langsung pulang," jelas Andre.

Begitu mengetahui adanya ubur-ubur, Balawista sendiri langsung meminta pengunjung lebih berhati-hati dan waspada. Balawista juga melakukan pengawasan terkait kemunculan kembali ubur-ubur tersebut.

Sebelumnya, Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Palabuhanratu menemukan ubur-ubur di Pantai Karangpapak yang berdekatan dengan lokasi wisata Karanghawu, Cisolok, Sukabumi.



Awalnya petugas hanya menemukan ubur-ubur mati di pinggiran Pantai Karangpapak. Ketika diperiksa hingga ke tengah perairan pantai, petugas melihat keberadaan ubur-ubur bisa saja menyengat wisatawan yang berenang di sekitar lokasi. Pihaknya sudah meminta anggota Balawista agar memberikan imbauan ke pengunjung pantai untuk waspada.

"Awalnya hanya ubur-ubur dalam kondisi mati terbawa ombak di pasir. Ketika diperiksa ke tengah ternyata ada banyak. Petugas di pos kemudian mengabarkan ke sekretariat dan langsung meminta wisatawan untuk keluar dari air," kata Asep Edom, Kepala Operasional dan SDM Balawista Kabupaten Sukabumi ketika dihubungi detikcom, Sabtu (8/6).
(sya/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed