detikNews
Minggu 09 Juni 2019, 00:11 WIB

BKSDA Evakuasi Buaya 3 Meter yang Ditangkap Warga di Sumbawa

Harianto - detikNews
BKSDA Evakuasi Buaya 3 Meter yang Ditangkap Warga di Sumbawa Proses evakuasi buaya (Foto: Harianto/detikcom)
Sumbawa - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) mengevakuasi buaya sepanjang 3 meter yang ditangkap warga di Sumbawa, NTB. Proses evakuasi itu menjadi tontonan warga.

"Iya, tadi sangat ramai warga yang datang menonton proses evakuasi buaya. Seru soalnya tadi pertama kali mereka lihat langsung adanya buaya," kata Kepala Desa Emang Lestari, Deni Murdani, kepada detikcom, Sabtu (8/6/2019).



Proses evakuasi buaya muara itu berlangsung selama satu jam. Evakuasi dilakukan oleh tiga orang tim dari BKSDA bersama warga.

Evakuasi disaksikan aparat Kepolisian dan Babinsa setempat. Deni sendiri mengatakan warga berharap ada penangkaran buaya yang dibuat di sekitar lokasi untuk objek wisata.



"Warga kita ada yang menyayangkan juga, tapi untuk saat ini, tidak apa-apa BKSDA bawa dulu. Di Lunyuk masih banyak buaya liar. Kedepannya kita komunikasikan ide pembuatan penangkaran itu," katanya.

Buaya yang diperkirakan berukuran panjang 3 meter dan lebar badan 30 cm itu ditangkap warga Desa Emang Lestari di perairan Muara Molong pada Selasa (4/6) sore menjelang azan Magrib. Buaya itu sempat menjadi tontonan warga saat Idul Fitri sebelum akhirnya dievakuasi BKSDA hari ini.
(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com