detikNews
Sabtu 08 Juni 2019, 17:08 WIB

Arus Balik H+3 Lebaran, Tol Bawen-Salatiga Macet di Sejumlah Titik

Indra Komara - detikNews
Arus Balik H+3 Lebaran, Tol Bawen-Salatiga Macet di Sejumlah Titik Kepadatan lalu lintas di Tol Bawen-Salatiga (Indra Komara/detikcom).
Salatiga - Lalu lintas di Tol Bawen-Salatiga macet di sejumlah titik pada sore ini. Macet disebabkan oleh meningkatnya volume kendaraan.

detikcom mengikuti agenda Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam memantau arus balik Lebaran 2019. Pemantauan dimulai dari Madiun, Jatim, menuju Semarang, Jawa Tengah, menggunakan jalur darat.

Kepadatan kendaraan mulai tampak saat rombongan Menhub meninggalkan Jawa Timur menuju Jawa Tengah. Bus rombongan masuk ruas tol Bawen-Salatiga untuk menuju Semarang.

Pantauan detikcom, Sabtu (8/6/2019), kendaraan mulai tersendat di Km 467. Kepadatan terpantau terjadi pada pukul 14.50 WIB.

Arus Balik H+3 Lebaran, Tol Bawen-Salatiga Macet di Sejumlah TitikMenhub Budi Karya Sumadi meninjau arus balik di Tol Bawen-Salatiga (Indra Komara/detikcom)
Kendaraan hanya bisa melaju dengan kecepatan 20 km per jam hingga Km 466. Selepasnya, kendaraan bisa bergerak lebih cepat.

Lalu lintas kembali tersendat sepanjang 1 kilometer mulai dari Km 465 hingga Km 464. Selepasnya lalu lintas lancar sampai keluar Gerbang Tol (GT) Salatiga.

Mobil rombongan keluar di GT Salatiga guna meninjau Terminal Tingkir Salatiga. Di sana Menhub Budi Karya mengecek kesehatan sopir bus antarprovinsi.

Setelah itu mobil rombongan kembali masuk ruas Tol Bawen-Salatiga. Pantauan pukul 15.50 WIB, ruas tol tersebut kembali terlihat kepadatan. Kendaraan tersendat mulai Km 456 sampai Km 451.


Dari pengamatan di jalur tol tersebut, kendaraan tersendat akibat ada beberapa mobil yang berhenti di bahu jalan. Selanjutnya, pada Km 449, laju kendaraan kembali melambat sampai Km 439.

Menhub Budi Karya ikut dalam bus rombongan. Dia juga ikut menanyakan kepada jajaran Kemenhub soal kemacetan yang terjadi. Di Semarang, Budi Karya rencananya akan meninjau Gerbang Tol Banyumanik untuk arus balik Lebaran.


Simak Juga 'Buat Pemudik, Menhub Sarankan Kembali ke Jakarta di Atas 9 Juni':

[Gambas:Video 20detik]


(idn/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed