detikNews
Jumat 07 Juni 2019, 04:17 WIB

Suasana Lebaran Ala Tanah Air Bagi WNI di Tanzania

Audrey Santoso - detikNews
Suasana Lebaran Ala Tanah Air Bagi WNI di Tanzania Foto: Dok Istimewa
Jakarta - Para WNI di Tanzania turut merayakan Idul Fitri atau Lebaran dengan kegiatan silaturahmi seperti di tanah air. Suasana Lebaran para WNI di Tanzania pun dibuat seperti di rumah sendiri.

Kegiatan silaturahmi Lebaran para WNI ini dilakukan lewat open house Dubes RI Dar es Salaam, Ratlan Pardede, Rabu (5/6) di Balai Nusantara, Wisma Duta RI, Dar es Salaam.


"Marilah kita saling memaafkan untuk menuju suatu kesuksesan di dalam hal pekerjaan kita dan kehidupan kita," ucap Ratlan dalam keterangan tertulis, Jumat (7/6).

Ada 133 orang WNI yang tercatat berada di wilayah akreditasi KBRI Dar es Salaam. Mereka terdiri dari berbagai latar belakang, mulai dari ibu rumah tangga hingga pebisnis.



Salah satu WNI yang hadir, Ragil, mengatakan ini adalah pengalaman pertamanya berlebaran di perantauan. Ragil adalah salah satu anggota tim Liga Tari Universitas Indonesia yang tengah berada di Tanzania.

"Ini adalah pengalaman pertama saya berlebaran di perantauan. Di sini, kita benar-benar merasakan lebaran seperti di rumah, dengan berbagai macam makanan dan kehangatan sebagaimana kita di rumah," ujar Ragil.


Selain Ragil, WNI lainnya bernama Indah Paramita mengatakan suasana lebaran terasa akrab dan penuh kekeluargaan. Menurutnya, meski jauh dari tanah air, dia masih tetap merasakan hangatnya suasana lebaran.

"Suasananya sangat akrab dan penuh kekeluargaan. Meskipun kita jauh dari tanah air, kita tetap merasakan hangatnya lebaran di luar negeri," tutur Indah.

Suasana Lebaran Ala Tanah Air Bagi WNI di TanzaniaFoto: Dok Istimewa


Tak hanya WNI, Imam Besar Masjid Ma'amoor (Masjid terbesar di Tanzania), Sheik Issa Othman Issa, turut hadir sebagai perwakilan dari komunitas muslim di Tanzania. Sheik Issa juga menyampaikan kekagumanannya atas sikap WNI yang ramah.

"Terlihat melalui para WNI di Tanzania yang murah senyum," ucap Sheik Issa.
(aud/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed