detikNews
Kamis 06 Juni 2019, 16:41 WIB

BKSDA Diminta Segera Evakuasi Buaya yang Ditangkap Warga di Sumbawa

Harianto - detikNews
BKSDA Diminta Segera Evakuasi Buaya yang Ditangkap Warga di Sumbawa Buaya yang ditangkap warga Desa Emang Lestari, Sumbawa, NTB. (Harianto/detikcom)
Sumbawa - Warga Desa Emang Lestari, Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa, NTB, khawatir atas keberadaan seekor buaya muara yang ditangkap beberapa hari lalu. Warga ingin buaya tersebut segera dievakuasi.

"(Buaya) tetap kami kasih makan walaupun seadanya. Yang kami harapkan... penanggung jawab belum ada sama sekali. Jadi kami sangat khawatir dengan buaya tersebut," ungkap salah seorang warga setempat, Syamsul Bahri, kepada detikcom, Kamis (6/6/2019).




Syamsul memastikan buaya muara tersebut dalam kondisi sehat. Menurutnya, warga sekitar berharap pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) segera mengambil buaya tersebut.

"Alhamdulillah buayanya aman, sehat, dan kami sangat berharap tim dari BKSDA segera datang," jelasnya.


Warga Desa Emang Lestari antusias melihat buaya.Warga Desa Emang Lestari penasaran terhadap buaya. (Harianto/detikcom)


Kini buaya tersebut ditempatkan di sebuah kandang berbahan kawat yang ditaruh di pinggir sungai. Warga sekitar pun penasaran ingin melihat buaya tersebut.

"Buaya tersebut ada di sungai. Kami lepas dalam kawat beronjong di Sungai Emang. Malam itu sudah kami hubungi BKSDA. Alasannya, tanggal 7 dan 8 akan datang mengevakuasi buaya tersebut," tutur Syamsul.

Sebelumnya diberitakan, buaya berukuran panjang 3 meter dan lebar badan sekitar 30 cm ditangkap warga Desa Emang Lestari. Buaya tersebut ditangkap pada Selasa (4/6) sore menjelang azan Magrib.
(zak/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed