detikNews
Rabu 05 Juni 2019, 16:04 WIB

Bikin Resah, Buaya Muara 3 Meter Ditangkap Warga di Sumbawa NTB

Tim detikcom - detikNews
Bikin Resah, Buaya Muara 3 Meter Ditangkap Warga di Sumbawa NTB Buaya 3 meter ditangkap warga. (Harianto/detikcom)
Mataram - Warga Desa Emang Lestari, Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa, NTB, dibikin heboh oleh ditangkapnya seekor buaya muara. Buaya itu kini ramai jadi tontonan warga saat momen Hari Raya Idul Fitri.

"Buaya itu ditangkap oleh masyarakat. Ada banyak buaya di muara Sungai Molong, dekat dengan Pantai Batu Pampang, Desa Emang Lestari," ucap warga desa setempat, Syamsul Bahri, kepada detikcom, Rabu (5/6/2019).

Seekor buaya berukuran panjang 3 meter dan lebar badan sekitar 30 cm itu ditangkap warga pada Selasa (4/6) sore menjelang azan Magrib.



Syamsul menyatakan penangkapan itu sengaja dilakukan karena banyaknya populasi buaya yang cukup meresahkan warga desa saat sedang berada di muara sungai yang lokasinya tak jauh dari bibir pantai.

"Korban belum ada. Yang jelas, buaya tersebut ditangkap oleh warga ketika mencari ikan di muara tersebut," katanya.

Buaya muara itu dibawa ke lapangan Desa Emang Lestari. Semula buaya sudah ditaruh di dalam kolam, namun sempat terlepas dan berhasil ditangkap kembali.

"Luar biasa hebohnya, Mas, dengan adanya penangkapan buaya tersebut, apalagi momennya tepat sekali, menyambut Hari Raya Idul Fitri," ujarnya.



Syamsul juga menuturkan pengakuan warga, khususnya orang tua, dari semenjak kecil tidak pernah melihat buaya secara langsung. Sekarang dengan adanya penangkapan buaya tersebut, warga dengan santai memegang di ekor sampai mulut buaya yang dalam keadaan terikat.

Penangkapan buaya muara itu telah dilaporkan ke pihak BKSDA dan ke aparat kepolisian serta Koramil setempat. Informasinya, dua hari nanti BKSDA Sumbawa akan datang melakukan evakuasi.
(rvk/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com