detikNews
Selasa 04 Juni 2019, 10:16 WIB

Musim Mudik, AP II Punya Thermal Camera Cegah Penyebaran Penyakit

Robi Setiawan - detikNews
Musim Mudik, AP II Punya Thermal Camera Cegah Penyebaran Penyakit Foto: Robi Setiawan
Jakarta - Melonjaknya pemudik di bandara menambah kemungkinan penyebaran penyakit yang dibawa penumpang, khususnya dari luar negeri. Namun PT Angkasa Pura II (Persero) sudah siaga dengan menyediakan thermal camera di bandara.

"Kita kerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan kan mereka punya thermal camera," kata Vice President of Corporate Communication AP II, Yado Yarismano kepada detikcom, Jumat (31/5/2019).

Ia menjelaskan peletakkan thermal camera khususnya di pintu kedatangan internasional untuk memantau secara live monitor para penumpang pesawat yang datang dari luar.

"Ketika nanti diindikasikan kan kalau orang kena pox (cacar) kemungkinan dia demam, dari thermal camera itu kan kelihatan orang yang panas tubuhnya nggak normal itu kelihatan," jelasnya.


Dari tahap tersebut petugas di Kantor Kesehatan Pelabuhan akan bisa melakukan penyaringan berdasarkan suhu tubuh. Menurutnya pemeriksaan berikutnya dimaksudkan untuk mengambil tindakan lanjutan.

"Disortir dan mereka dicek kan bisa saja flu biasa. Kalau memang terindikasi ya mereka akan ambil tindakan langsung," katanya.

Yado juga menyebut khusus musim mudik ini AP II turut menggandeng Kementerian Kesehatan dalam pelayanan mudik di bandara. Fasilitas kesehatan secara khusus diberikan juga di posko mudik, yang mana di Bandara Soekarno Hatta berada di di Terminal 1 B .

"Kalau di posko ada posko mediknya khusus. Jadi memang posko angkutan Lebaran di sebelahnya adalah posko buat medisnya, karena memang ini kemarin sempat ada indikasi yang terkait dengan virus cacar monyet," urainya.


Selain thermal camera, tentunya seluruh bandara AP II sudah dilengkapi banyak CCTV. Yado mengungkapkan bahkan jumlah CCTV di seluruh bandara AP II ada sekitar 3.000, yang mana 2.000 di antaranya ada di Bandara Soekarno Hatta.

"CCTV kami kurang lebih seluruh bandara itu jumlahnya 3.000, tapi khusus di Soekarno Hatta itu hampir 2.000 dan itu dipantau secara terintegrasi di AOCC (Airport Operation Control Center)," pungkasnya.



Tonton video Menhub Kaji Usulan Jokowi Soal Maskapai Asing:

[Gambas:Video 20detik]


(mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed