detikNews
Minggu 02 Juni 2019, 10:15 WIB

Jelang Lebaran, Angkasa Pura II Tambah Personel Keamanan di Bandara

Robi Setiawan - detikNews
Jelang Lebaran, Angkasa Pura II Tambah Personel Keamanan di Bandara Foto: Robi Setiawan/detikcom
Jakarta - Lonjakan penumpang tidak hanya terjadi pada moda darat dan laut, namun juga udara. Untuk itu demi kelancaran, keamanan, dan kenyamanan bandara, Angkasa Pura II (AP II) pun menambah jumlah personel keamanan menjadi 5.000.

"Tambahan personel kira-kira kami siapkan kurang lebih 5.000 personel di seluruh AP II. Terdiri dari TNI, Polri, dan organik kami. Organik kami ada dari Aviation Security," kata Vice President of Corporate Communication AP II, Yado Yarismano kepada detikcom, Jumat (31/5/2019).

Yado mengungkapkan penambahan personel keamanan menjadi 5.000 tidak hanya untuk Bandara Soekarno Hatta, melainkan seluruh bandara yang dikelola AP II. Seluruh personel tersebut disiagakan mulai dari H-7 sampai H+7 Lebaran.


Ia menyebut keamanan bandara saat mudik didukung juga dengan banyaknya CCTV yang siaga. Tak kurang dari 3.000 di seluruh bandara AP II, dan 2.000 di antaranya ada di Bandara Soekarno Hatta.

"Itu dipantau secara terintegrasi di AOCC (Airport Operation Control Center). Di masing-masing terminal kami punya sub AOCC, namanya Terminal Operation Center, itu semua di-handle di masing-masing terminal," jelasnya.

Selain itu AP II juga membuat posko Lebaran di setiap bandara yang juga beroperasi mulai H-7 hingga H+7 Lebaran. Dari seluruh posko Lebaran AP II, posko utamanya ada di Bandara Soekarno Hatta.


"Kami ada posko utama di Terminal 1 B itu yang bisa teman-teman dapatkan info segala sesuatu yang terkait dengan arus angkutan Lebaran ini," ujarnya.

Posko Lebaran ini juga memiliki fasilitas kesehatan yang di dalamnya terdapat alat cek dan obat-obatan penyakit ringan. Selain itu ada pula semacam kasur yang bisa digunakan untuk istirahat.

"Jadi di Bandara Soekarno Hatta selain ada posko utama kami untuk koordinasi di seluruh posko bandara, kami juga punya Airport Operational Control Center, fungsinya adalah sebagai pusat kontrol seluruh operasi yang ada di Bandara Soekarno Hatta," tambahnya.
(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com