detikNews
Sabtu 01 Juni 2019, 18:36 WIB

Menhub Lepas 2.300 Pemudik Gratis via Pelabuhan Tanjung Priok

Matius Alfons - detikNews
Menhub Lepas 2.300 Pemudik Gratis via Pelabuhan Tanjung Priok Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menko PMK Puan Maharani, dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek. (Foto: Alfons/detik.com)
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Menko PMK Puan Maharani dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek melepas keberangkatan mudik gratis dari Tanjung Priok. Sebanyak 2.300 orang mudik gratis menggunakan kapal.

Pantauan detikcom, setibanya di pelabuhan Tanjung Priok, Budi beserta Puan dan Nila langsung menuju kapal KM Dobonsolo. Kemudian mereka mengecek kesiapan kapal. Terlihat para menteri berbincang dengan penumpang mudik gratis yang ada di kapal.

"Ya baru saja kami melepas mudik gratis ke Semarang dengan kapal Dobonsolo yang mengangkut kurang lebih 2.300 penumpang, perjalanan akan memakan waktu 15 jam dan mereka akan sampai ke Solo dan nanti tanggal 10 mereka akan kembali lagi ke Jakarta," kata Puan kepada wartawan di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (1/6/2019).



Mudik gratis ini merupakan program pemerintah untuk memulangkan ribuan orang menggunakan kapal KM Dobonsolo. Sampai sejauh ini, sebut Puan, pemerintah sudah memulangkan mudik 400 ribu orang secara gratis.

"Jadi kurang lebih tahun ini pemerintah mengirim mudik gratis ke berbagai wilayah kurang lebih 400 ribu orang," ungkap Puan.

Sementara itu, Budi juga menjelaskan para pemudik gratis ini juga dipulangkan beserta kendaraannya. Dirinya berharap ini bisa menjadi jalan keluar mengurangi kecelakaan mudik.

"Ya cuma nambahkan saja, tadi yang pulang ke Semarang juga berikut membawa sepeda motor, dalam rangka kita mendapatkan safety, mereka kita anjurkan tidak naik motor tapi menggunakanlah kapal laut," ucap Budi.



Nila Moeloek menambahkan, dia berpesan kepada para pemudik agar selalu menjaga kesehatan dan keselamatan dalam perjalanan. Dirinya mengingatkan di setiap pelabuhan sudah disiapkan unit-unit kesehatan jika masyarakat membutuhkan.

"Mudah-mudahan semua sehat dan kami juga siapkan unit kesehatan pelabuhan yang selalu cek kapal-kapal," sebut Nila.



Simak Juga 'Saat Tiga Menteri Jokowi Pantau Arus Mudik di Pelabuhan Merak':

[Gambas:Video 20detik]


(maa/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed