detikNews
Sabtu 01 Juni 2019, 05:34 WIB

Demi Keselamatan Pemudik, BNN Lhokseumawe Tes Urine Sopir Bus

Datuk Haris Molana - detikNews
Demi Keselamatan Pemudik, BNN Lhokseumawe Tes Urine Sopir Bus Foto: Tes Urine di Terminal Tipe A, Kota Lhokseumawe (Datuk Haris/detikcom)
Lhokseumawe - Pemeriksaan tes urine kepada sopir angkutan umum digelar di Terminal Tipe A, Kota Lhokseumawe, Aceh. Tes urine dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan akibat pengaruh narkoba.

Pemeriksaan tes urine dilakukan oleh tim gabungan dari BNN Kota Lhokseumawe, Polres Lhokseumawe dan juga dari petugas Kemenhub. Tes urine digelar pada Jumat (31/5) sekitar pukul 23.35 WIB.

"Kita lakukan cek urine ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pemudik agar sampai ke tujuan saat lebaran dengan selamat. Jika sopir mabuk, maka bisa mengakibatkan kecelakaan hingga membahayakan orang lain," kata Kepala BNNK Lhokseumawe, AKBP Fahrurrazi kepada wartawan, Sabtu (1/6/2019).



Fakrur menambahkan dari sejumlah sopir yang dites urine, mereka tidak tergolong positif narkoba. Setelah diperiksa, para sopir dipersilakan untuk melanjutkan perjalanan. Mereka pun, diberikan stiker untuk ditempelkan karena terbukti tidak mengonsumsi barang haram itu.

"Dari sejumlah sopir yang kita tes urine, mereka semuanya masuk katagori negatif dari barang haram tersebut. Sementara bagi yang kedapatan positif narkoba, bus yang dikendarai diberikan kepada sopir lainnya sehingga dia bisa mendapat assesment dari pihak BNN," ujarnya.



Fakrur juga mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti dengan memeriksa lebih jauh. Apabila tidak dalam tahap kecanduan, maka akan dilakukan rehabilitasi secara rawat jalan.

"Apabila ada yang positif menggunakan narkoba maka tidak diijinkan melanjutkan perjalanan dan harus digantikan oleh supir cadangan," pungkas Fakrur.



Tonton video Polda Sultra Geledah Penumpang dan Tes Urine Sopir AKAP:

[Gambas:Video 20detik]


(mae/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed