detikNews
Jumat 31 Mei 2019, 20:05 WIB

Gempa M 6,3 di Melonguane, Warga Kaget dan Keluar Rumah

Jabbar Ramdhani - detikNews
Gempa M 6,3 di Melonguane, Warga Kaget dan Keluar Rumah Ilustrasi gempa (Foto: dok. detikcom)
Jakarta - Gempa bumi di terjadi di Kecamatan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Getaran gempa sempat membuat warga kaget dan keluar rumah.

"Banyak warga terkejut dan lari keluar rumah di Kepulauan Talaud," kata Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, lewat pesan singkat, Jumat (31/5/2019).

Berdasarkan hasil analisis BMKG, gempa berlokasi di laut pada jarak 235 km arah utara Kota Melonguane. Pusat gempa ada di kedalaman 112 km.


"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Laut Filipina. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Davao Filipina ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (thrust fault)," kata Daryono.

Getaran gempa dirasakan dalam skala II MMI yang artinya getaran dirasakan di dalam rumah. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Belum ada laporan terjadinya gempa susulan. Belum ada pula laporan dampak kerusakan yang timbul akibat gempa bumi tersebut.

Sebelumnya diberitakan, gempa terjadi pada Jumat (31/5/2019) pukul 17.12 WIB. Pusat gempa ada di koordinat 6,14 Lintang Utara dan 126,53 Bujur Timur.
(jbr/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed