detikNews
Jumat 31 Mei 2019, 17:19 WIB

MUI Imbau Khatib Salat Id Sampaikan Pesan Pentingnya Persatuan

Jefrie Nandy Satria - detikNews
MUI Imbau Khatib Salat Id Sampaikan Pesan Pentingnya Persatuan Konferensi Pers MUI (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau para khatib salat Id untuk menyampaikan pesan tentang pentingnya persatuan umat Islam dan persatuan sesama anak bangsa. Menurut MUI, Idul Fitri merupakan momentum memperkuat ikatan persaudaraan.

"Mengimbau kepada para khatib salat Idul Fitri untuk selain menyampaikan pesan peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada para jemaah, juga mengingatkan tentang pentingnya setiap upaya memperkokoh hubungan persaudaraan antarsesama umat Islam, hubungan persaudaraan antarsesama anak bangsa, dan hubungan antarsesama anak manusia," kata Wakil Sekjen MUI Amirsyah Tambunan di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (31/5/2019).


Dia mengatakan perbedaan aspirasi politik tidak boleh membuat saling membenci. Menurutnya, perbedaan pandangan politik merupakan rahmat.

"Perbedaan aspirasi politik merupakan hal biasa yang harusnya dipandang sebagai rahmat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bukan menjadi penyebab terjadinya saling marah, saling benci, serta saling mencerca dan mencaci maki, sehingga tercipta suasana politik dan demokrasi yang dilandasi nilai-nilai keadilan, kejujuran, kesantunan, dan keadaban," ujarnya.


Amirsyah juga mengingatkan umat Islam untuk merayakan Idul Fitri dengan mengedepankan perilaku terpuji dan menjaga keamanan. Dia berharap semua orang menghindarkan diri dari perilaku berlebihan dalam merayakan Idul Fitri.

"Mengimbau kepada umat Islam di Indonesia agar dalam merayakan hari raya ldul Fitri tetap mengedepankan dan menjunjung tinggi perilaku terpuji, menjaga keamanan, kenyamanan dan kekhusyukan, serta menghindarkan diri dari perilaku yang berlebihan dan menyia-nyiakan harta. Sehingga hari raya tahun ini menjadikan kita umat Islam benar-benar kembali kepada fitrah penciptaan kita sebagai manusia, yaitu tunduk dan patuh dalam beribadah hanya kepada Allah," tuturnya.
(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed