detikNews
Jumat 31 Mei 2019, 17:03 WIB

Musim Mudik, Basarnas Siagakan 2 Kapal Penyelamat di Perairan Makassar

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Musim Mudik, Basarnas Siagakan 2 Kapal Penyelamat di Perairan Makassar Kapal Basarnas Makassar (Foto: Taufiqurrahman/detikcom)
Makassar - Basarnas menyiagakan dua kapal penyelamat di perairan Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), selama musim mudik. Kapal tersebut disiagakan untuk melakukan pertolongan jika ada keadaan darurat.

"Untuk mendukung arus mudik jalur laut, Basarnas Makassar menyiagakan KN SAR Antasena dan RB 303 yang standby di Pelabuhan Paotere. Jika dibutuhkan, maka personel beserta ABK siap untuk melakukan pertolongan," kata Kepala Kantor Basarnas Makassar Mustari di Makassar, Sulsel, Jumat (31/5/2019).


Dia menyebut salah satu lokasi yang paling banyak dipenuhi pemudik adalah Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar. Dia berharap arus mudik di lokasi tersebut akan lancar pada tahun ini.

"Hari ini kami melakukan pantauan langsung untuk memastikan arus mudik lancar, utamanya di Pelabuhan Soekarno-Hatta yang setiap tahun memang selalu ramai penumpang menggunakan moda transportasi kapal laut," ucap Mustari.

Mustari mengatakan tugas utama pihaknya adalah melayani masyarakat yang mudik. Menurut dia, Basarnas siap memberi pertolongan jika dibutuhkan.


"Apa yang menjadi tugas kita disini adalah memberikan layanan kepada masyarakat agar mudiknya bisa lancar dan aman. Kita harus siap memberikan pertolongan kepada yang membutuhkan sesegera mungkin," lanjut Mustari.

Dia menyatakan ada beberapa titik siaga khusus Basarnas Makassar yang digelar hingga arus balik mudik Lebaran pada tanggal 13 Juni 2019. Beberapa titik siaga ini di antaranya Bandara Sultan Hasanuddin, Pelabuhan Soekarno-Hatta, Pelabuhan Nusantara Parepare, dan Terminal Daya dan Malengkeri.
(fiq/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed