detikNews
Jumat 31 Mei 2019, 16:58 WIB

Tak Melulu Segitiga, Ini Desain Ridwan Kamil di Masjid 99 Kubah Makassar

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Tak Melulu Segitiga, Ini Desain Ridwan Kamil di Masjid 99 Kubah Makassar Masjid 99 Kubah (Foto: Muhammad Taufiqqurrahman/detikTravel)
Makassar - Masjid 99 kubah yang ide desainnya berasal dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil hampir rampung pembangunannya. Masjid besar ini tidak memiliki bentuk segitiga.

"Tidak yang begituan di dalam. Malah itu 99 sifat Allah lantas diberi cahaya. Mana ada simbol seperti itu?" kata Kepala Dinas Tata Ruang Sulsel Andi Darmawan kepada detikcom, Jumat (31/5/2019).

Bahkan Andi menyebut tidak ada bentuk segitiga di dalam pembangunan masjid ini. Adapun jika ada struktur bangunan yang dianggap mirip segitiga, hal itu merupakan suatu kebetulan saja.


"Itu bentuk bangunan. Bukan hal yang disengaja itu. Ide Ridwan Kamil ini kemudian diperdalam lagi oleh Pak Mursid, yang merupakan arsitek lokal Makassar," terangnya.

Sementara itu, arsitek lokal yang ikut membangun masjid 99 kubah ini, Mursid Mustafa, juga mengatakan ide pembangunan masjid dari Ridwan Kamil.

"Nah, ini idenya kan dari beliau (Ridwan Kamil).Waktu itu ada tiga alternatif, yaitu ada futuristik, ada modern klasik, dan ada yang berbentuk unik, yaitu ini Asmaul Husna," ujarnya.

Tak Melulu Segitiga, Ini Desain Ridwan Kamil di Masjid 99 Kubah MakassarMasjid 99 Kubah Desain Ridwan Kamil (Foto: Opik/detikcom)

Setelah konsep Asmaul Husna disetujui, Musfata lalu diminta mentransformasikan ke dalam bentuk arsitektur. Setelahnya, Mursid lalu bertemu lagi dengan Ridwan Kamil di Bandung, Jawa Barat. Di sana, Ridwan Kamil mengapresiasi dan menyetujui rancangan menggunakan 99 kubah.


"Beliau sangat tertarik dan bilang seperti ini yang saya harapkan. Jadi kita pertajam konsep dan tidak perlu ada tulisan tapi dari karakter bangunan yang kita bikin," ungkapnya.

"Jadi kita putar bidang bidangnya sehingga melahirkan 99 kubah," sambung dia.

Malahan pada pertemuan itu, Ridwan Kamil menolak dibayarkan upah atas idenya. Dia hanya meminta bahwa pada saat masjid 99 kubah rampung, ada nama Ridwan yang tercatat sebagai penyumbang ide.


"Dia menolak. Dia hanya bilang namanya dimasukkan sebagai salah satu pemikir ide masjid, sehingga nanti anak-cucunya ke sana bisa mengetahui," ungkapnya.

Perlu diketahui, untuk membangun masjid megah ini, pemerintah setempat merogoh kocek hingga Rp 176 miliar.

Pada 2019, pemerintah tengah menyiapkan anggaran Rp 58 miliar untuk menyelesaikan pembangunan ini. Dana sebesar ini diperuntukkan bagi membangun 17 kubah yang masih belum selesai, termasuk menara masjid, hingga menyelesaikan pelataran suci yang dapat menampung sekitar 10 ribu anggota jemaah.

Tak Melulu Segitiga, Ini Desain Ridwan Kamil di Masjid 99 Kubah MakassarMasjid 99 Kubah Desain Ridwan Kamil (Foto: Opik/detikcom)



Simak Juga 'Kata Ridwan Kamil soal Simbol Segitiga Masjid Rancangannya':

[Gambas:Video 20detik]


(fiq/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed