detikNews
Jumat 31 Mei 2019, 10:38 WIB

Wakapolri Pantau Arus Mudik di Merak, Pemudik Sepeda Motor Naik 200 Persen

M Iqbal - detikNews
Wakapolri Pantau Arus Mudik di Merak, Pemudik Sepeda Motor Naik 200 Persen Foto: Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto memantau arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. (Iqbal-detikcom)
Cilegon - Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto memantau arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Ari Dono ingin memastikan pengamanan menjelang puncak arus mudik.

"Hari ini kita melaksanakan kontrol kegiatan-kegiatan pengamanan untuk saya dengan rombongan itu dapat tugas untuk wilayah Lampung dan Cilegon kemudian Pak Kapolri (Jenderal Tito Karnavian) ke Timur," katanya kepada wartawan seusai memantau kondisi Pelabuhan Merak, Jumat (31/5/2019).
Ari Dono mengatakan, dari laporan yang diterima, sudah ada kenaikan jumlah pemudik di Pelabuhan Merak. Jumlah kendaraan roda empat naik 56 persen dibanding tahun lalu pada H-5 Lebaran.

Sementara, peningkatan signifikan terjadi pada pemudik kendaraan roda dua. Kenaikannya mencapai 200 persen lebih dibanding tahun lalu.

"Dari hasil pemantauan saya memang laporan dari Kapolda (Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir) sudah ada bahwa beberapa hari lalu ada peningkatan kendaraan yang melintas, untuk kendaraan roda empat sampai dengan 56 persen kemudian kendaraan roda dua itu 200 persen lebih," ujarnya.
Untuk menghadapi puncak arus mudik yang diprediksi terjadi pada Sabtu (1/5) malam nanti, fasilitas seperti toilet dan papan informasi di tol Tangerang-Merak bisa ditambah. Informasi itu berkaitan dengan situasi di Pelabuhan Merak apakah kondisinya padat atau lengang.

"Tapi saya lihat juga pelayanan dari pelabuhan dan pemerintah daerah itu cukup signifikan untuk kesiapan fasilitas-fasilitas yang ada," tuturnya.


Blak-blakan Kakorlantas Irjen Refdi Andri: Skenario Mudik Happy Ala Polri:


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com